oleh

Balangan Mulai Rapid Test Massal, Ratusan Pedagang di Pasar Hasilnya Non Reaktif

PARINGIN – Langkah tanggap dilakukan Pemerintah Kabupaten Balangan dalam melakukan penanggulangan serta pencegahan penyebaran Covid-19.

Melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Balangan, ratusan pedagang di Pasar Paringin dirapid test, Senin (18/5/2020).

Rapid test massal tersebut dilakukan bertepatan saat hari digelarnya pasar dan diprioritaskan bagi para pedagang yang berasal dari luar Kabupaten Balangan. Tujuannya jelas untuk melakukan pencegahan dini penyebaran virus corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Balangan Erwan Mega menerangkan, pelaksanaan rapid test tersebut mengikuti dari wilayah tetangga yang didominasi kenaikan penyebaran Covid-19. Juga seperti di Banjarmasin yang melaksanakan rapid test di pasar, dan dinyatakan banyak warga reaktif.
BACA JUGA :   Peringati HKN Lewat Permaian Tradisional

“Alhamdulillah, dari 274 orang yang kita rapid test tak ada yang menunjukkan reaktif,” ujar Erwan.

Seandainya dalam rapid test ada yang reaktif, lanjutnya, maka pihaknya akan melarang pedagang tersebut berjualan di Pasar Paringin sementara waktu. Selain itu hal utama yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan wilayah tempat tinggal yang bersangkutan.