Desa Membangun Negeri
Senin, 16 Sep 2019 23:14 WIB

Bantu Warga Lakukan E-Voting, Kominfo Letakan Petugas di Bilik Suara

Reporter :  Koran Metro7

TANJUNG – Kesuksesan pelaksanaan Pilkades lewat aplikasi E -Voting di Kabupaten Tabalong tak lepas dari para petugas dari Dinas Kominfo yang berjaga di setiap bilik suara.

Hal itu guna menghindari terjadinya kebingunan yang dialami warga ketika menggunakan hak suaranya lewat sistem E-Voting.

Seperti di TPS Desa Kambitin Raya, terdapat 5 orang petugas yang berjaga disetiap bilik suara untuk memandu warga untuk menggunakan hak suaranya.

Arbani, Kasi Infrastruktur Diskominfo Tabalong yang waktu itu turut bertugas di TPS Kambitin Raya mengatakan bahwa petugas yang berjaga waktu itu berfungsi untuk membantu masyarakat untuk menggunakan system E-Voting.

“Dibilik suara ada 4 orang, karena ada empat alat untuk memilih, dan satu untuk memandu masyarakat untuk meletakan kertas bukti memilih,” katanya saat ditemui di sela tugasnya.

Tetapi Arbani menegaskan bahwa petugas yang berjaga di bilik suara hanya mengarahkan tata cara memilih tanpa melihat siapa calon yang dipilih.

Dari pantauan saat itu, dengan adanya petugas yang berjaga maka masyarakat menjadi lebih terbantu untuk menggunakan hak suaranya.

Terdapat 1657 warga yang memilih kepala desa pada pilkades di desa Kambitin Raya waktu itu, dengan calon sebanyak 4 orang.

Salah seorang warga desa Kambitin Raya juga mengakui bahwa dengan E-Voting pihaknya lebih mudah dan praktis untuk menyaluran suara mereka. (metro7/mc)

CLOSE