oleh

Bantuan untuk Warga Terlantar, Jatah 100 Paket Sembako Covid-19 untuk HST

BARABAI – 100 paket sembako yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas mental dan warga terlantar se Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mulai disalurkan.

Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA HST H Muhammad Yusuf menjelaskan, bahwa penyaluran melalui instansinya merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah daerah melalui program yang dikucurkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemrov) dan Pemerintah Pusat.

Menurutnya, mekanisme pendataan itu bersumber dari desa dan kelurahan, kemudian dihimpun dan dikoordinir oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk dilaporkan ke tingkat Kabupaten.
BACA JUGA :   Stop Kekerasan Pada Perempuan dan Anak

“Selanjutnya dilaksanakan verifikasi dan validasi dan disampaikan kembali ke tingkat provinsi dan tingkat pusat,” kata Yusuf.

Sebelum disetujui, dilaksanakan pula video konferensi oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kemensos RI kepada seluruh Kabupaten dan Kota di KalSel untuk memastikan bahwa penerima tersebut benar-benar layak dan merupakan para penyandang disabilitas mental yang saat ini berada di masyarakat dengan artian bukan yang berada di dalam panti rehabilitasi maupun di lembaga atau balai.