Desa Membangun Negeri
Jumat, 2 Okt 2020 11:19 WIB

Banyak Bangunan Fisik di Maybrat Belum Miliki Amdal

Reporter :  Engel Semunya - Kota Sorong, Papua Barat
Editor :  Ismitullah

MAYBRAT, metro7.co.id – Kepala Kantor Cabang Dinas Kehutanan kabupaten Maybrat, Martinus Wafom, mengatakan banyak pembangunan fisik berupa kantor maupun ruas-ruas jalan alternatif di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, hingga saat ini belum mengantongi izin resmi dari sisi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Menurutnya, faktor utama belum adanya pemahaman tentang fungsi kawasan hutan oleh tiap pimpinan institusi terkait yang ada di Maybrat.

“Belakangan ini kami sudah sampaikan dengan aturan kementerian Kehutanan dan perkebunan nomor 783/2014 yang sudah dipetakan dalam setiap fungsi kawasan. Ini kami telah sampaikan kepada dinas lingkungan hidup, dinas PU, dan Bapeda bahwa hutan di Maybrat sudah dipetakan melaui permen tersebut,” jelas Martinus, Rabu (30/09) di Kumurkek

Ia mengatakan, setiap kebijakan yang dilakukan ada aturan dan mekanismenya. Oleh karenanya pihak PU mesti menyurat ke pihaknya di CDK lebih awal guna dilakukan tracking lapangan dengan tujuan memastikan wilayah tersebut berada pada kawasan apa.

“Kalau hutan lindung berarti melalui proses yang panjang, kalau ada pada areal pemanfaatan lain berati cukup aja kita keluarkan rekomendasi yang memastikan bahwa itu ada pada apel, kalau pada hutan produksi konfersi berarti ada hal-hal yang perlu dipersiapkan, begitupun pada hutan produksi terbatas dan hutan produksi,” tandasnya

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas