Desa Membangun Negeri
Rabu, 22 Sep 2021 20:22 WIB

Bartim Miliki Pengelolaan Sampah Canggih

Reporter :  Budi Irawan - Kab.Barito Timur Kalimantan Tengah
Editor :  Koran Metro7

 

TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Bupati Kabupaten Barito (Bartim),  Ampera AY Mebas  resmikan Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Janah Munsit di Desa Sarapat Kecamatan Dusun Timur, Rabu (22/9/2021).

TPS3R  yang diresmikan Bupati Ampera tersebut dibangun menggunakan dana pusat melalui Balai Besar Wilayah Kalimatan Tengah. Selanjutnya Balai Besar Wilayah Kalimantan Tengah menyerahkan aset tersebut ke Pemerintah Kabupaten Bartim.

Dalam sambutanya, Bupati Ampera mengatakan bahwa membangun TPS3R memerlukan anggaran yang besar. Sementara anggaran di Kabupaten Bartim sangat minim. Apalagi, pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bartim masih kecil, sehingga Ia berharap TPS3R  juga dibangun oleh Balai Besar Wilayah Kalimatan Tengah di Ampah Kecamatan Dusun Tengah.

“Kami harap TPS3R juga bisa dibangun di wilayah Ampah,” ucap orang nomor satu digumi jari Janang Kalalawah.

Ampera menjelaskan, Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) merupakan sistem pengelolaan dan teknologi pengolahan sampah.

TPS3R ini dimaksudkan sebagai solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkannya. Melalui TPS3R ini, tidak hanya persoalan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah yang dapat dikurangi, namun juga dihasilkan produk-produk yang bernilai ekonomis dari sampah yang diolah tersebut.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2