oleh

BB Narkoba dari 40 Kasus Dimusnahkan, Gubernur : Saya Ucapkan Terima Kasih kepada Semua Pihak

BANJARMASIN – Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui hasil pengungkapan dari Direktorat Reserse Narkoba (Disnarkoba) memusnahkan barang bukti narkoba di Depan Loby Mapolda Kalsel, Kamis tadi pukul 10.00 Wita.

Rinciannya yakni 5,5 kilogram sabu, 13.294,5 butir XTC, dan 39 gram ganja.

Pemusnahan narkoba ini dipimpin langsung Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dengan dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Kepala BNNP Kalsel, Wakapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari, Danlanud Syamsuddin Noor, Kemenkumham Kalsel, Kepala Bea Cukai, Kepala BPOM Banjarmasin, GM PT Angkasa Pura Syamsuddin Noor serta Pejabat Utama Polda Kalsel.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani menyebut narkoba itu diperoleh dari pengungkapan 40 kasus dengan tersangka yang diamankan berjumlah 64 orang.

“Dari 40 kasus yang berhasil diungkap Ditresnarkoba Polda Kalsel, ada 6 kasus menonjol yang berhasil diungkap yakni Sindikat jaringan Lokal 3 kasus, jaringan luar pulau 2 kasus dan jaringan Jakarta 1 kasus,” terang Kapolda Kalsel.

Kapolda pun menjelaskan Polri terus berupaya memberantas narkoba dengan berbagai cara. Termasuk bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), Kejaksaan sebagai penegak hukum, dan juga dari media maupun masyarakat.

“Kita juga akan mengejar terus pelakunya ini. Karena ini jaringannya memang di luar, kita juga akan kerja sama dengan interpol dan lain sebagainya supaya bisa menjerat mereka (para pelaku) ini,” imbuhnya.

Sementara itu Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih dan penghargaan luar biasa kepada jajaran Polda Kalsel yang tidak pernah lelah bergerak untuk menemukan mencari kemudian menghancurkan yang namanya penyalahgunaan narkoba.

Terlebih disebutnya narkoba adalah musuh nyata anak bangsa dan meski ada tersisa berbagai pertanyaan seperti kenapa ini tidak pernah selesai-selesai. Juga bagaimana cara efektif strategi agar penyalahgunaan narkoba bisa diselesaikan oleh bangsa ini.

Meski susahnya minta ampun Gubernur Kalsel juga berharap seluruh peran serta lapisan masyarakat untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba dari tingkat bawah sampai tingkat atas.

“Sekali lagi terimakasih kepada jajaran Polda Kalsel dan semua stakeholder serta seluruh masyarakat yang telah berperan untuk sama-sama melakukan pencegahan ataupun antisipasi mengatasi yang namanya penyalahgunaan narkoba di Kalimantan Selatan,” tutup Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor. (metro7/nrl)