Desa Membangun Negeri

Home / Tanjung (Tabalong)

Kamis, 2 April 2020 - 17:59 WIB

Bebas Banjir, Sungai Buluh Bangun Kantor Desa Serupai Rumah Panggung

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 38 kali

TANJUNG – Wilayah Selatan Kabupaten Tabalong merupakan dataran rendah dimana pada saat musim hujan beberapa titik jalan dan pemukiman warga sering tergenang air terutama jalan dan pemukiman warga yang berada dibantaran sungai Tabalong.

Melihat kondisi beberapa tahun terakhir wilayah Kabupaten Tabalong sering kebanjiran, maka timbul ide masyarakat dan aparat desa Sungai Buluh Kecamatan Kelua, untuk membangun Kantor desa berbentuk rumah panggung.

Kepala desa Sungai Buluh, Yulnarian saat disambangi awak metro7 dikantor desa Selasa (31/3/2020) menjelaskan pembangunan Kantor desa Sungai Buluh ini terlaksana melalui dukungan Alokasi Dana Desa tahun 2019 lalu.

Bangunan diatas tanah seluas 20 borongan atau sekitar 7.000 meter, dengan ukuran bangunan 12 X 18 meter sengaja dirancang dan didesain menyerupai rumah panggung.

Hal ini dimaksudkan agar pada saat banjir seperti yang pernah terjadi air tidak akan menggenangi sampai kelantai bangunan kantor desa.

“Bangunan kantor desa kami ini berkafasitas 5 ruangan kerja termasuk 1 ruang untuk kepala desa, ruang kaur dan ruang tamu,” katanya.

Yulnarian menambahkan dilokasi lahan bangunan kantor desa juga terdapat lapangan futsal, yang diprogramkan untuk perencanaan pembangunan tempat daur ulang sampah, yang diharapkan nantinya pembangunan tempat daur ulang sampah pendanaannya didukung Pemerintah Kabupaten Tabalong. (metro7/via).

Share :