oleh

Belum Dialiri PLN, Desa Labuan Mas Dibantu 267 Unit Lampu Tenaga Surya

-Kotabaru-498 views

KOTABARU – Pemerintah Kabupaten Kotabaru kembali menyerahkan sebanyak 267 unit bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk masyarakat Desa Labuan Mas. Selasa tadi.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus mengatakan bantuan LTSHE tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk daerah yang masih belum teraliri listrik.

“Alhamdulillah, Kotabaru mendapatkan bantuan LTSHE sebanyak 2600 unit, ini berkat usaha dan kerja keras kita bersama demi masyarakat, “ungkapnya.

Sayed Jafar meminta masyarakat jangan punya anggapan apabila sudah dibantu lampu tenaga surya berarti daerahnya tidak akan dialiri listrik lagi, “Kita akan terus membantu masyarakat sampai daerahnya teraliri listrik dan akan terus berkoordinasi dengan pihak Desa, Kecamatan serta Dinas terkait,” ujar Sayed.

Disamping itu, dikatannya Pemkab juga memprogramkan perbaikan jalan Kecamatan seperti jalan Lontar, Tanjung Seloka, Labuan Mas dan Sungai Buah tembus Berangas.

“Ini merupakan program pemerintah dan sudah masuk dalam daftar nomor urut dalam pelaksanaannya, diluar dari visi misi,” tambah Sayed.

Pada kesempatan ini, Bupati juga menjelaskan tentang pembangunan jembatan penghubung antara Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu yang akan kembali dilanjutkan tahun depan.

Dimana sebelumnya, Senin kemarin Bupati Kotabaru beserta jajarnya bertemu dengan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor serta Bupati Tanah Bumbu untuk menandatangi MOU kesepakatan, yang pembiayaannya akan di tanggung oleh APBD Kabupaten Kotabaru, APBD Kabupaten Tanah Bumbu, APBD Provinsi Kalimantan Selatan serta APBN.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Zainal Arifin mengatakan saat ini LTSHE yang sudah dibagikan sebanyak 873 unit di tiga Kecamatan yaitu Hampang, Kelumpang Hulu, dan Pulau Laut Selatan.

“Ini merupakan alternatif untuk memberikan aliran listrik kepada masyarakat yang tinggal didaerah yang belum teraliri listrik, seperti lampu tenaga surya, pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga mikro hidro, sebelum nanti hadirnya PLN” ujarnya.

Selain menyerahkan bantuan LTSHE, Bupati Kotabaru yang pada kesempatan ini di dampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Hj Fatma Idiana Sayed Jafar serta Kepala SKPD, juga menyerahkan secara simbolis kartu asuransi nelayan kepada masyarakat Desa Labuan Mas dan masyarakat Desa Tanjung Seloka. (metro7/syn/rel).