Desa Membangun Negeri
Rabu, 9 Sep 2020 20:04 WIB

Benarkah ini Penyebab Anjloknya Harga Cengkeh di Taliabu?

Reporter :  La Ode Abd M Havidl - Kab. Pulau Taliabu/Kepulauan Sula, Maluku Utara
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

TALIABU, metro7.co.id – Cengkeh merupakan salah satu komoditas masyarakat tani di Kabupaten Pulau Taliabu, yang dikabarkan beberapa bulan lalu, pada masa panennya mengalami kemesorotan harga.

Dengan melewati berbagai masalah harga, hingga kini menurut perkembangan harga komoditas cengkeh mulai membaik pada nilai standard normalnya.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kabupaten Pulau Taliabu, Jayadi, dalam pengamatannya, secara dinamika nilai, harga cengkeh mulai berkembang.

Dirinya menimbang bahwa, kenaikan harga cengkeh saat ini sudah mulai membaik dari sebelumnya, yang diamati berdasarkan sampel dari komuditas cengkeh masyarakat Desa Lede, Kecamatan Taliabu Utara.

“Kemarin saya baru dari Lede, harga cengkeh disana itu Rp.50 ribu per’kilo, yang tadi-tadinya Rp.47 ribu per’kilo, sekarang ini sudah naik menjadi Rp.50 ribu lagi,” kata Jayadi pada Pewarta diruang kerjanya, Rabu (9/09/2020).

Kebenaran peningkatan nilai harga cengkeh yang diungkpan, sesuai hasil lanpangan yang dipraktisikanya secara langsung.

“Secara keseluruhan (Kecamtan Lede – red), karena saya masih sempat menjual sekitar 20 kilo, makanya saya tahu bahwa sudah meningkat,” ucapnya sesuai harga yang didapatakan.

Halaman: 1 2

CLOSE