Desa Membangun Negeri
Senin, 19 Apr 2021 22:05 WIB

Berdayakan UMKM Desa, Pemdes Murung Karangan Bantu Permodalan

Reporter :  Hivianor - Tabalong Kalimantan Selatan
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

 

TANJUNG, metro7.co.id – Program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dilakukan Pemerintahan Desa Murung Karangan Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat.

Langkah program pemberdayaan UMKM ini diawali pada tahun 2020 dengan 15 kegiatan UMKM di Desa Murung Karangan difokuskan mengangkat ciri khas produk panganan lokal pengulahan jengkol.

Jengkol hasil produk UMKM masyarakat desa Murung Karangan dikenal khas rasanya yang berbeda dengan produk daerah lainnya.

UMKM di desa Murung Karangan yang menerima bantuan usaha kali ini usahanya beragam, ada yang dagang buah, dagang kue aster, pentul, ayam, kacang rebus, bahkan amplang.

Jengkol produk UMKM desa Murung Karangan dapat dibedakan pada warna sambal, maupun gurih dan enak rasanya.

Program UMKM pengembangan produk ulahan jengkol ini juga telah diberi pelatihan dan studi banding ke Mantraman Martapura.

Program ini dinilai berhasil memulihkan ekonomi 15 pelaku UMKM, oleh karena itu Pemerintahan Desa Murung Karangan melalui anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2021 kembali memberikan bantuan kepada 10 orang warga pelaku UMKM.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas