oleh

Bersama Lawan Corona, Masyarakat Tabalong Ramai – ramai Jemur Pagi

TANJUNG – Imbauan Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani terkait gerakan berjemur pukul 10.00 wita untuk melawan penyebaran Virus Covid – 19 mendapat respon publik.

Dimana pada Kamis (26/3/2020) tepat jam 10.00 wita serempak publik Bumi Sarabakawa baik masyarakat umum hingga para PNS melakukan jemur pagi 15 – 20 menit.

“Kami patuhi anjuran pak bupati, karena kita mau sehat dan bebas virus corona,” ujar Yanti warga Tanjung Tengah bersama seluruh keluarga rumah saat ikut anjuran berjemur pagi.

Hal senada juga diungkapkan Inada warga Kecamatan Tanta. Sebagai warga ia menyambut baik anjuran bupati melakukan jemur pagi untuk menyehatkan badan terlebih dalam menangkal virus corona.

“Jemur pagi ini mudah bisa dilakukan semua masyarakat dan Insya Allah membuat kita kebal dari penyakit, terlebih virus corona,” katanya.

Sementara dari pantauan wartawan, dukungan gerakan berjemur pukul 10.00 wita turut dilakukan hampir semua mesjid di seluruh desa dan kecamatan yang mengumumkan melalui pengeras suara.

Himbauan melalui pengeras suara juga dilakukan pihak kepolisian dan TNI baik polsek maupun koramil yang berkeliling meminta masyarakat keluar rumah untuk berjemur.

Sementara Bupati H Anang Syakhfiani mengatakan gerakan berjemur pukul 10.00 wita sebagai salah satu ikhtiar untuk meningkatkan daya tahan imunitas tubuh terhadap serangan virus penyakit, termasuk diantaranya Covid – 19.

“Mengingat pada waktu -waktu tersebut matahari memancarkan sinar ultra violet dalam kadar tertentu yang baik untuk kesehatan tubuh kita,” katanya.

Disebutnya berjemur pagi adalah kearifan lokal. Sebelumnya ia juga mendapat masukan dari tim kesehatan bahwa berjemur bagus untuk mendapatkan sinar ultraviolet ini.

“Kemudian kita gabungkan antara kearifan lokal dan tinjauan teman-teman kesehatan bahwa berjemur pagi sangat baik melawan virus terlebih bagi kesehatan,” imbuh Anang.

Himbauan bupati ini tertuang dalam surat edaran Bupati Nomor 202/Bup/kesra/420/03/2020 yang berlaku mulai 26 Maret hingga 22 April 2020. (metro7)