oleh

BI Peduli Dunia Pendidikan, Tempatkan BI Corner Diseluruh Perpustakaan

PELAIHARI – Masih rendahnya literasi baca di tanah air, khususnya di Kalimantan Selatan, menjadi perhatian serius pemerintah. Berbagai upaya pun digalakkan untuk mendorong minat membaca, terutama generasi milineal. Terlebih era Revolusi Industri 4.0, mengharuskan adanya peningkatan kualitas SDM.

Upaya ini pun kembali dilakukan Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan, dengan menambah fasilitas sejumlah perpustakaan. Seperti di dan Dinas Perpustakaan Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Bank Indonesia (BI) menempatkan BI Corner di perpustakaan tersebut sebagai program sosial untuk semakin mengenalkan tugas-tugas dan fungsinya kepada masyarakat luas.

BI Corner adalah sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan dan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait ekonomi dan peranan BI.

Melalui BI Corner diharapkan akan meningkatkan budaya baca dan menulis khususnya di kalangan generasi muda.

“BI Corner ini kita harapkan mampu memberikan pemahaman masyarakat tentang Bank Sentral semakin baik. Sesuai target, BI akan membuat 1.000 unit BI Corner di seluruh wilayah Indonesia hingga 2020 mendatang. Selain jembatan ilmu, di sisi lain, era ekonomi digital, bukan hanya milik masyarakat perkotaan namun yang di pedesaan juga,” ungkap Herawanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Koordinator Kalimantan, saat meresmikan BI Corner Politeknik Negeri Tanah Laut, Pelaihari, Selasa siang (29/10).

Menurut Herawanto dengan teknologi, masyarakat bisa melakukan kegiatan ekonomi, sehingga pemerataan ekonomi terjadi antara kota dan daerah. Terlebih generasi muda seharusnya dapat memanfaatkan teknologi untuk mendorong perekonomian di daerahnya.

Dengan fasilitas yang dimiliki perpustakaan seperti teknologi digital hingga liberary digital, mampu membuka wawasan dan pengetahuan masyarakat, khususnya anak-anak muda. BI Corner dipasang di Perpustakaan Umum seperti kampus berisi buku-buku dan literatur bertema moneter, finansial, perbankan, enterpreuneur dan kisah inspiratif.

Kemudian juga terdapat fasilitas tambahan seperti komputer dan televisi edukasi, termasuk jaringan internet untuk mengakses koleksi buku-buku terbaru.

Sementara Sekda Kabupaten Tanah Laut, Muhammad Darmin, menyambut baik bantuan dari BI. Penempatan BI Corner di perpusatakaan tersebut sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten untuk menggalakkan literasi, agar masyarakat semakin gemar membaca.

“Di perpustakaan ini kan sudah bisa online, dengan suplai dari BI peralatan seperti itu (BI Corner) kan semakin menarik. Apalagi koleksinya sangat , buku-buku seperti Jack Ma sangat menginspirasi anak-anak muda. Era revolusi 4.0, kalau kita tidak siap, maka kita di pelosok ini akan tertinggal. ,” kata Muhammad Darmin. (metro7/nrl*)