oleh

BKKBN Dibantu Mobil Penerangan

 RANTAU – Di tahun anggaran 2011, BKKBN pusat memberikan satu buah unit Mobil Penerangan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional kepada Pemerintah Daerah Tapin melalui BKKBN Kabupaten Tapin.

Menurut Ir Raumayanti, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Kabupaten Tapin (BKKBN) melalui Kepala Bidang KB, H Mawardie, mobil penerangan KB ini akan segera dioperasionalkan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam bidang KB.
Pengajuan pengadaan mobil ini sebenarnya telah diajukan tahun 2010, namun baru terealisasi di tahun 2011 dan baru datang pada awal tahun 2012, diperkirakan mobil ini sudah dapat dioperasionalkan pada bulan maret 2012 mendatang.
“Saat ini mobil penerangan KB sudah kita terima. Mobil penerangan KB ini dilengkapi dengan sarana dan fasilitas teknologi modern, seperti alat pemutar film (video), sirine, pengeras suara, kamera, mesin genset dan layar proyektor,” jelasnya.
Mobil ini dapat difungsikan untuk meningkatkan pelayanan KB kepada masyarakat secara langsung, seperti memberikan penerangan kepada warga masyarakat tentang KB, memberikan penyuluhan dan sosialisasi di bidang KB yang sasarannya adalah penduduk daerah-daerah di Tapin yang memiliki jarak cukup jauh dari kota Rantau, seperti di Kecamatan Hatungun, Miawa, Batung, Kariaman, Pipitak Jaya Kecamatan Piani, Kecamatan Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara.
Diharapkan dengan adanya mobil penerangan KB ini, penyuluhan-penyuluhan terhadap masyarakat dalam program Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana termasuk pembangunan khususnya, dapat dilaksanakan, sehingga masyarakat dapat mengetahui keberadaan dan peran KB. Metro7/usy/ist