oleh

BPD Baru Dusun Timur Diminta Taati Aturan

TAMIANG LAYANG – Sebanyak 10 Desa di Kecamatan Dusun Timur kabupaten Barito Timur pada tahun 2019 akan melangsungkan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pereode 2019 – 2024.

“Dari 16 desa dan 1 kelurahan yang ada di Kecamatan Dusun Timur, tahun 2019 ini ada 10 desa yang akan menggelar pemilihan BPD,” ungkap Camat Dusun Timur Yudesman, Selasa tadi.

Dirinya mengatakan, dari 10 Desa tahun 2019 ini yang menggelar pemilihan BPD, hanya empat desa saja yang baru melaksanakanya.

Hal itu karena masa jabatan anggota BPDnya sudah habis, sedangkan enam desa yang lain ada yang bulan Oktober, Nopember, dan September baru habis masa jabatanya dan akan dilangsungkan pemilihan pada bulan itu juga.

Ditambahkanya, ke empat desa tersebut yakni Desa Pulau Patai, Desa Didi, Dorong dan Desa Haringen.

Namun demikian, dari empat desa yang sudah menggelar pemilihan BPD, hanya dua desa saja yang baru menyampaikan laporan berkas berita acara hasil pemilihan BPD pereode 2019- 2024 dari Kades ke Kecamatan Dusun Timur, sedangkan sisanya masih belum.

“Baru desa Didi dan Haringen yang menyerahkan hasil pemilihan BPD. Setelah kita terima berkas acaranya dari kades, kita langsung sampaikan ke Kabupaten, setelah itu baru dari kabupaten yang mengintruksikan pelantikan BPD terpilih,” paparnya.

Dirinya berharap kepada anggota BPD yang baru agar dapat bersinergi dengan Kepala Desa/pemdes dalam segala bidang kegiatan. Menurutnya meskipun sebagai pengawas, BPD merupakan mitra kerja Kepala Desa dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Ini sebuah keharusan karena yang lama kan sudah habis masa jabatannya, jadi harus dipilih dan dilantik yang baru,” ucapnya.

Camat yang ramah ini juga mengingatkan dalam kinerjanya, BPD harus senantiasa berpedoman pada aturan.

“Kepala Desa beserta perangkatnya punya aturan main kerjanya bagaimana, BPD juga sama, jadi harus berpedoman pada aturan yang berlaku,” pungkasnya (metro7/budi).