oleh

BPS Bakal Publikasikan Data Pembangunan Bartim

TAMIANG LAYANG – Badan Pusat Stastiktik (BPS) kabupaten Barito Timur (Bartim) gelar rapat pembahasan data publikasi Barito Timur dalam angka di Hotel Indra Jaya Tamiang Layang, Selasa (6/7).

Kepala BPS Kabupaten Bartim Agust Bernaldus mengatakan, kegiatan rapat pembahasan data publikasi ini diikuti sebanyak 50 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bartim.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengawal atau mensingkronkan data – data pemerintah daerah kabupaten Bartim dimasing – masing OPD dalam satu angka,” ungkapnya saat diwawancarai awak media.

Dirinya menjelaskan, rapat itu juga diadakan diskusi terkait verifikasi dan konfimasi data setiap instansi. Rencananya, data publikasi tersebut akan dirilis pada Agustus mendatang.

“Tanggal 16 Agustus 2019, data publikasi akan dirilis melalui buku serta dapat diunduh gratis menggunakan aplikasi. Namun, kita akan sampaikan terlebih dahulu kepada Sekretaris Daerah maupun Bupati dan Kepala Bappeda Litbang,” katanya.

Dirinya menyampaikan data yang menjadi tolak ukur dalam publikasi Iyalah indeks pembangunan manusia, angka harapan hidup, harapan lama sekolah, serta rata-rata lama sekolah. Lainnya, yakni grafik pertumbuhan ekonomi, persentase kemiskinan, serta persentase pengangguran.

“Kegiatan ini kita laksanakan selama dua hari yakni akan berahir pada tanggal 7 Agustus. Dan kegiatan ini juga dilaksanakan serentak dari sabang sampai merauke,” pungkasnya (metro7/budi).