oleh

Buah Naga Sibung Semakin Berkembang

TAMIANG LAYANG – Pengembangan buah naga dari pemuda tani dan karang taruna Desa Sibung Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur, Kalteng yang didampingi oleh BPP Raren Batuah sudah berbuah sebanyak 4 kali.

Menurut Andrianto pemuda tani dan karang taruna asal desa sibung Kecamatan Raren Batuah kabupaten Barito Timur. Seiring dengan berjalannya waktu, tanaman buah naga merah yang dibudidayakan Andrianto bersama petani lainnya sudah memasuki usia berbuah, pada tahun 2019 ini merupakan panen yang keempat kalinya sejak penanaman 3 tahun yang lalu.

“Walaupun masih dalam tahap belajar, namun hasil produksinya cukup baik. Selama ini hampir semua warung di kelurahan Ampah Kecamatan dusun tengah dan beberapa pedagang kaki lima serta pasar tradisional sudah memesan / akan membeli buah naga hasil produksi tanaman miliknya Namun karena keterbatasan produksi, maka baru beberapa permintaan yang bisa dipenuhi,” katanya kemarin.

Disamping itu dengan masih lemahnya administrasi dan recording yang dilakukan oleh petani mengakibatkan belum terdokumentasikannya dengan baik data-data dilapangan, hal ini menyulitkan Kelompoktani untuk membuat rencana definitif Kelompoktani kedepan dalam rangka menjaga pasokan komoditas buah naga ke pasar dan memperluas pasar untuk mendapatkan harga yang lebih menguntungkan maupun nilai tambah komoditas dan nilai jual .

Melihat bahwa pada tahun ini masih terkait dengan komoditas buah naga dan tanaman pangan jagung , maka tujuan besar yang ditetapkan semula masih dipertahankan, karena menjadi tujuan utama dalam setiap pelaksanaan kegiatan good Agriculture practice (GAP) . Tujuan besar itu adalah ”Meningkatkan penyuluhan pertanian menuju kesejahteraan keluarga petani melalui pengembangan tanaman pangan jagung dan buah naga”.

Guna mencapai tujuan tersebut, pada waktu yang lalu karang taruna memiliki satu tujuan khusus yaitu peningkatan pendapatan petani melalui Komoditi tanaman pangan jagung dan buah naga. Diperkirakan untuk panen berikutnya akan meningkat 70 %.

Dengan melihat perkembangan yang terjadi dalam jangka awaktu 2 tahun terakhir ini, maka pada tahun ini guna mencapai tujuan besar tersebut diatas, Kelompoktani dan karang taruna menentukan satu tujuan khusus yaitu menjaga keberlangsungan produksi dan pasar buah naga merah.

Agar tujuan khusus ini dapat dicapai, disebutnya harus ada inivasi bercocok tanam tertentu sebagai prasyaratnya, yaitu petani memasarkan hasil pertaniannya secara terorganisir dan berkesinambungan, petani melakukan manajemen produksi yang berkelanjutan dan terjaganya kontinyuitas pasokan produksinya.

Sementara itu ditingkat Kelembagaan Kelompok tani disebutnya juga harus bisa menjaga kepercayaan pasar, manajemen organisasi yang baik dan mampu membuat kreasi dan inovasi atas produk untuk menjaga kejenuhan pasar serta inovasi pengolahan hasil pertanian (GHP) .

Pemuda Tani Sibung Andrianto dan kawan kawan hadir di tengah masyarakat sibung sebagai kumpulan para pemuda yang aktif dan peduli terhadap perkembangan petani Sibungelompok tani dan karang taruna.

Kelompok tani ini diharapkan dapat menjadi wadah berkumpulnya para pemuda tani, mencapai sejahtera bersama Kelompoktani.

Pemuda Tani Sibung Kecamatan Raren Batuah resmi berdiri Agustus 2015 beranggotakan pemuda tani antara lain Andrianto, Siswanto dan kawan kawan dari berbagai RT di desa sibung , Kecamatan Raren Batuah kabupaten Barito Timur Kalteng. (metro7/budi).