Desa Membangun Negeri
Senin, 12 Apr 2021 18:04 WIB

Budi Daya Semangka Bumdes Berkah Desa Belanti Tembus Omset Ratusan Juta Rupiah

Reporter :  Dariyus Aryadi / M Suhanda - Kab. Ogan Ilir, Sumatera Selatan
Editor :  M Ali Nafiah Noor

INDRALAYA, metro7.co.id – Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa mulai nampak. Salah satunya adalah Bumdes Berkah 22 Desa Belanti Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir.

Bumdes tersebut belakangan ini mulai tekun membudidayakan semangka, sehingga memperoleh omzet mencapai ratusan juta rupiah.

Alasan Bumdes membudidaya semangka karena melihat kualitas buah berwarna merah dan kuning tersebut sangat baik dikembangkan di Desa Belanti.

” Kami melihat potensinya bagus. Tanahnya juga bagus. Sehingga mencoba melakukan budaya semangka di sini,” kata Kepala Desa Belanti, Irwani Minggu (11/04/2021) di sela-sela kegiatan memanen buah semangka.

Dikatakan Irwani, semangka yang dikembangkan oleh BUMDES Berkah 22 jenis semangka inul dan semangka non biji selain dipasarkan di Ogan Ilir juga dipasarkan ke lahat, Prabumulih dan Baturaja juga luar Propinsi.

“Jenis semangka inul merah dan kuning, itu selain dipasarkan di Lahat, Prabumulih dan Baturaja juga dikirim ke Jambi,” ujarnya.

Dijelaskan Irwani, Modal awal bibit 13.000 bibit terbentang diareal perkebunan dengan luas 10 hektare, dan hasil setelah dipanen tembus 100 ton buah semangka segar.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas