oleh

Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi, Wabup : Peserta Diharap Punya Motivasi Berwira Usaha Mandiri

TANJUNG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tabalong, melalui Balai Latihan Kerja ( BLK ) Tanjung kembali membuka kesempatan pelatihan keterampilan kerja bagi masyarakat calon tenaga kerja.

Kali ini melalui program Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap IV dengan dukungan dana APBN Tahun anggaran 2019 memberikan kesempatan pelatihan keterampilan kerja bagi 144 orang calon tenaga kerja, dengan 9 paket kejuruan.

Kepala Disnaker Kabupaten Tabalong H.Syaiful Ikhwan dalam laporannya mengatakan, program kegiatan pelatihan keterampilan berbasis kompetensi tahap IV memberikan kesempatan pelatihan keterampilan bagi 144 masyarakat calon tenaga kerja, selain itu juga ada pelatihan serupa yang dilaksanakan diluar BLK, seperti pelatihan yang dilaksanakan di desa dengan kejuruan yang sama.

Untuk pelatihan di desa pesertanya diserahkan kepada pihak desa sendiri dan dibatasi dengan syarat usia masih produktif.

“Selama ini hampir 98% hasil uji kompetensi kami nilai lulus baik,” katanya.

Diharapkan dengan kesempatan mengikuti pelatihan keterampilan ini para calon tenaga kerja benar-benar kompeten dan trampil.

Sementara itu Wakil Bupati Tabalong H Mawardi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan ini selain untuk menyiapkan sumbet daya yang siap kerja tentunya turut diharapkan juga bakal mampu membangun jiwa kewirausahaan atau entrepreneur didalam diri para peserta pelatihan.

Kemudian bangkit dan dengan motivasi tinggi untuk berwira usaha secara mandiri.

“Tidak menggantungkan nasib pada perusahaan-perusahaan yang ada, karena perusahaan yang beroperasi di daerah kita ini akan ada masanya untuk menghentikan operasinya,” katanya.(metro7/via)