oleh

Bupati Anang Buka Puasa Bersama Penarik Ojek dan Pengayuh Beca

-Kotabaru-1.580 views

TANJUNG – Sekitar 600 warga tidak mampu, juga tukang ojek, tukang beca dan tukang gerobak membaur bersama pejabat jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam kegiatan buka puasa bersama yang dilaksanakan, Rabu sore (29/5/2018) bertepatan hari ke 24 Ramadhan 1440 Hijiriah.

Buka puasa bersama Bupati, Wakil Bupati dan para pejabat jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan masyarakat bawah ini dilaksanakan di Aula Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tabalong akan terus berupaya untuk memantapkan keberadaan orang Tabalong menjadi tuan rumah di daerahnya.

“Jadi harkat dan martabat orang Tabalong harus kita tingkatkan,” tegas Bupati.

Untuk itu pula Bupati Anang menjanjikan akan membantu uang muka untuk kredit sepeda motor bagi para tukang ojek, sedangkan untuk para keluarga tidak mampu penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), atau penerima beras gratis versi daerah yang akan dilaksanakan mulai tahun 2020 mendatang.

Juga memberikan bantuan permodalan usaha bagi yang mampu mengelola usaha perkelompok dengan jumlah bantuan sebesar Rp 20 juta setiap kelompok.

Program ini dosebut bupati akan diberikan bagi 100 kelompok setiap tahunnya, dengan target sasaran selama 5 tahun sebanyak 500 kelompok penerima bantuan.

“Dalam penyalurannya nanti, kita bisa saja melibatkan pihak Lembaga Swadaya masyarakat (LSM),” katanya lagi.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, H Yuhani mengatakan kegiatan buka puasa bersama ini sekaligus pembagian sembako kepada warga tidak mampu yang jumlahnya 300 orang, dan tukang ojek, tukang beca, tukang gerobak 300 orang.

“Jumlah paket sembako keseluruhan yang kita bagikan sebanyak 600 paket,” katanya.

Kegiatan buka puasa bersama ini disebutnya adalah bentuk perhatian Pemerintah Daerah, agar mereka bisa merasakan nikmat bulan ramadhan dan menjelang hari raya idul fitri 1440 H, yang tinggal satu minggu lagi. (metro7/via)