oleh

Calon Kepala Desa Ikuti Deklarasi Damai

TANJUNG – Semua Calon Kepala Desa yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tabalong pada tanggal 22 Oktober 2019 yang akan datang mengikuti kegiatan deklarasi damai pagi tadi Rabu (7/8/2019) di Lapangan Taman Giat Kota Tanjung.

Deklarasi damai siap menang, siap kalah disaksikan Unsur Forkopimda Kabupaten Tabalong.

Pada deklarasi damai itu juga dilakukan simulasi pemilihan kepala desa secara elektronik voting (E-Voting) yang dilakukan desa Tanta, desa Kambitin Raya, dan desa Kasiau.

Dalam pelaksanaan pilkades secara E-voting nantinya semua warga yang akan mengikuti pemilihan datang ke TPS dengan menunjukan surat undangan dari panitia pilkades, serta menunjukan identitas diri berupa KTP untuk mendapatkan barkode, barkode selanjutnya dipindai menggunakan perangkat berupa tablet dan munculah pilihan calon.

Penggunaan E-voting seperti ini akan memudahkan karena tidak menggunakan surat suara, disamping itu pilihan akan valed tanpa ada surat suara yang rusak.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan hari ini adalah sejarah baru, karena untuk pertama kalinya pilkades serentak di Kabupaten Tabalong yang diikuti 57 desa.

Deklarasi damai yang dilaksanakan di ibu kota Kabupaten Tabalong dan biasanya deklarasi damai seperti ini cukup dilaksanakan di desa saja, kenapa hal ini dilaksanakan di ibu kota Kabupaten, karena pemilihan kepala desa ini bukan hanya persoalan desa dan Kecamatan saja, tetapi juga persoalan Kabupaten dan karenanya deklarasi damai untuk yang pertama kalinya di ibu kota kabupaten dengan dihadiri unsur pimpinan daerah.

Pemilihan kepala desa ataupun pemilihan apa saja selalu mempunyai daya tarik, terbukti 200 orang lebih calon yang akan mengikuti pilkades ini, tetapi dibalik itu dia memberikan apresiasi.

“Semakin banyak orang Tabalong yang menjadi calon kepala desa, tentu semakin bagus, itu berarti kaderisasi kepemimpinan di daerah kita berjalan baik,” katanya.

Bupati Anang juga berpesan sebagaimana sudah dibacakan deklarasi damai mulai hari ini bulatkan niatnya mengikuti pilkades ini semata-mata untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada desa masing-masing.

“Kita boleh berbeda dalam pemilihan, namun masyarakat jangan sampai terkotak-kotak,” harap Bupati Anang. (metro7/via).