NIAS, metro7.co.id – Akibat pengalihan dana untuk penanganan Covid-19, maka
pelaksanaan pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Nias tahun ini ditunda, dan akan direncanakan Tahun 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan saat Rapat Koordinasi oleh PMD Kabupaten Nias bersama dengan Kepala Desa dan Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI), dilaksanakan di Gedung Balai Sanggar Seni Budaya Hilizoi Kecamatan Gido, kemaren.

Sekretaris Dinas (Sekdis) PMD Kabupaten Nias, Yaman Lase menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Nias tahun ini di tunda, dan kemungkinan akan di rencanakan 2021 mendatang.

Dengan tertundanya kegitan Pilkades serentak, diharapnya semu pihak lebih serius memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat, terutama dalam progres penyerapan APBDesa.

“Saya yakin dan percaya bahwa seluruh PJ Kepala Desa yang baru, akan memberikan pelayanan terbaik kepada warganya,” katanya.

Selain itu kedepan ada pesta Demokrasi atau pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah yang dilakukan pemungutan suara pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

“Mari kita sukseskan bersama,” imbuhnya.

Sekdis Dinas Pariwisata Kabupaten Nias menambahkan jumlah desa yang melaksanakan Pilkades ada 52 Desa, yang mana anggarannya telah tertampung di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nias.

“Namun dengan adanya pendemi Virus Corona (Covid 19) anggaran tersebut telah di alihkan untuk penanganan penyakit yang mematikan ini,” katanya.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Nias, Yasman Halawa, juga menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan Kepala Desa di tunda Tahun 2020 berdasarka surat edaran Menteri Dalam Negeri No: 141/4528/SJ perihal penundaan pelaksanaan Pilkades serentak.

Lanjut Kabid, pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) tanggal 10 Agustus 2020 telah di tunda dan pemilihan Kepala Desa serentak sesuai surat edaran Mendagri.

“Pilkades serentak ini berdasar pada regulasi yang ada anggaranya wajib di alokasikan melalui APBD dan sedangkan PAW Kades sumber anggaranya dari APBDesa,” ucap dia. *