Desa Membangun Negeri
Sabtu, 17 Okt 2020 22:09 WIB

CV Sahabat Disinyalir Melakukan Pembalakan Hutan Lindung

Reporter :  Chairil Anwar - Kota Pontianak, Kalimantan Barat

PONTIANAK, metro7.co.id – Informasi adanya pembalakan hutan lindung di kawasan Nanga Tayap Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, seperti yang di lansir dari pemberitaan Media Japos.co, bahwa diduga ada Pabrik pengolahan dan penampungan kayu yang disinyalir illegal atau disebut dengan sawmil, yang masih ada beroperasi di Kabupaten Ketapang. Diantaranya, di Kecamatan Nanga Tayap persisnya di Dusun Segagap Desa Nanga Tayap.

Dari pantauan lapangan, pabrik kayu yang terletak di Dusun Segagap itu, dari papan nama yang nempel di bangunan pabrik memakai nama CV Sahabat, diduga sebagai cara memuluskan praktek pembalakan hutan ini.

Dari keterangan warga setempat sebagai sumber www. Japos.com mengatakan, di Dusun nya ada 2 pabrik kayu tergolong besar dalam mengelola kayu.

Dari 2 pabrik itu, disebutkan dia, pabrik yang pertama dikelola oleh UN dan pabrik kedua dijalankan oleh LN. Kedua orang yang menjalankan usaha diduga ilegal ini sudah hampir 4 tahun dan merupakan warga Kecamatan Nanga Tayap.

“Kayu yang diolah berjenis lokal seperti bengkirai,meranti atau kayu jenis lokal lainya dibuat dalam ukuran standar jual” ungkap sumber itu.

Halaman: 1 2 3 4

CLOSE