LAMPUNGTIMUR, metro7.co.id – Pemerintah Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 dan RKPDes 2021 di Balai Desa Pelindung Jaya, Rabu (7/10/2020).

Turut Hadir dalam acara tersebut, Plt Camat Gunung Pelindung Rusli S.Sos,Kapolsek Gunung Pelindung Iptu Nelson Siahaan S.E, Danramil Pelda Tumpal,KA Uptd Puskesmas Gunung Pelindung,Kepala Desa Pelindung Jaya yang di Wakili Sekdes Suhamik,Ketua BPD Desa Pelindung Jaya beserta anggotanya,ketua Bumdes Desa Pelindung Jaya beserta anggotanya, dan seluruh Kepala Dusun dan RT Desa Pelindung Jaya serta Masyarakat.

Acara dibuka Kepala Desa Pelindung Jaya diwakili Sekdes Suhamik dengan pemaparan pembangunan dan program yang berlangsung pada tahun 2020. Suhamik menyampaikan dalam sambutannya bahwa musrenbangdes adalah kegiatan rutin tahunan dalam upaya menyusun perencanaan di bidang pembangunan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di desa.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat desa untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah desa melalui musyawarah keterwakilan, serta menyepakati rencana kegiatan yang akan diusulkan pada Musrenbang Kecamatan.

“Dalam pelaksanaan Musrenbangdes ini kita berpedoman surat edaran Bupati Lampung Timur perihal arahan kebijakan dan prioritas pembangunan serta pedoman penyelenggaraan Musrenbang Tahun 2020 penyusunan RKPD Tahun 2021,” ujar Suhamik mewakili Kepala Desa Pelindung Jaya.

Di tempat sama Plt Camat Gunung Pelindung, Rusli mengatakan terkait arahan dan petunjuk Pemerintah Kabupaten Lampung Timur untuk merealisasikan beberapa program dalam rangka mengurangi angka kemiskinan, pemberdayaan masyarakat serta pembangunan infratruktur harus ada sinkronisasi dan harmonisasi terkait program Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

“Saya mengajak semua warga Desa Pelindung Jaya untuk bersama-sama dengan pemerintah desa untuk mewujudkan mimpi menjadi desa yang maju, jaya, aman, damai dan sejahtera,” katanya.

Musrenbangdes Desa Pelindung Jaya kali ini telah ditetapkan usulan kegiatan terdiri dari bidang pembangunan, pendidikan, kesehatan, pertanian, pembinaan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat.***