TANJUNG, metro7.co.id – Meskipun ditengah kondisi wabah Covid-19, warga masyarakat Desa Masingai II tetap memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 75 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia sebagian besar melalui digital seperti, lomba lagu perjuangan secara digital yakni dengan menyanyi dirumah melalui video yang direkam kemudian dikirimkan ke panitia melalui whatsapp.

Begitu juga dengan perlombaan lain seperti lomba puisi dan juga lomba tiktok yang semuanya bertema atau bernuansa kebangsaan.

Yang paling menyita perhatian masyarakat baik dari masyarakat Kecamatan Upau maupun kecamatan tetangga adalah lomba kebersihan lingkungan dan pendirian gapura yang diperlombakan setiap RT.

Kegiatan yang pendanaannya bersumber dari swadaya masyarakat inipun cukup semarak.

Basuki Rahmat, Ketua Panitia mengatakan kegiatan yang disusun secara terjadwal ini dananya berasal dari iuran masyarakat dan ada dukungan dari dana desa.

” Allhamdulillah, semua berjalan lancar dan bisa kita saksikan disudut – sudut Desa dimeriahkan dengan bendera merah putih dan umbul – umbul bernuansa Dwi warna,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Sabar Susilo, Kepala Desa Masingai II, menurutnya keberhasilan kegiatan yang melibatkan hampir seluruh masyarakat baik laki – laki perempuan, pemuda bahkan anak – anak ini adalah karena kesadaran dan semangat masyarakat.

“Dan dari gotong royong, perlombaan hingga kegiatan puncak acara kita tetap menerapkan protokol kesehatan,” urai Sabar.

Sementara itu dalam sambutannya di puncak acara kegiatan, Camat Upau Rofik Aziddin, menyampaikan rasa harunya melihat suasana desa yang disetiap jalan utama desa bahkan di gang – gang desa tampak bersih dan meriah dengan ornamen merah putih, umbul – umbul merata dan gapura disetiap RT yang Indah dan megah.

“Apalagi pada malam hari, tampak lampu hias di Gapura hingga terlihat semarak,” ucapnya.

Ditambahkan Rofik, kegiatan malam prosesi api suci kemerdekaan dan pembagian hadiah berlangsung hikmat dan meriah dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Kegiatan malam pembagian hadiah juga dimeriahkan oleh penyanyi – penyanyi lokal dan koreografi lagu daerah nusantara.*