PEREMPUAN yang teratur berolahraga seminggu sebelum menstruasi berisiko besar terkena cedera lutut. Menurut sebuah penelitian penyebabnya adalah serat saraf di sekitar otot lutut melakukan pembakaran atau berkontraksi penuh selama seminggu sebelum siklus menstruasi. Mereka mengatakan perbedaan laju pembakaran dapat mempengaruhi stabilitas sendi dan berpotensi membuat lutut lebih rentan terhadap cedera.
Studi lainnya juga menyebutkan perempuan lebih berisiko besar mengalami robekan ligamen dan nyeri kronis karena kadar hormon. Oleh karena itu banyak atlet perempuan yang sering menderita cedera lutut dibandingkan rekan laki-laki mereka.
Penelitian dari University Texas-Austin dan University of North Carolina memetakan siklus menstruasi perempuan berusia 19 sampai 35 tahun dengan mengambil pengukuran suhu tubuh setiap pagi.
Ilmuwan juga mengukur aktivitas motorik lutut mereka di lima titik berbeda selama penelitian. Mereka memasukkan elektroda kawat halus dan mengambil kesimpulan yang dilakukan ekstensi lutut sederhana. Hasilnya pola aktivitas otot diubah oleh siklus menstruasi. dailymai