Untuk tetap menjaga ketertiban dalam berlalu lintas, sebanyak 12 club otomotif melakukan ikrar bersama untuk selalu menjaga ketertiban di jalan raya. (foto/humas)
BARABAI — HUT Satlantas ke 57 di Polres Hulu Sungai Tengah dimeriahkan jajaran anggota Satlantas bersama 12 klub otomotif, yang tergabung dalam Rider Club Otomotif (RCO) Hulu Sungai Tengah, Minggu (23/9/2012) di halaman Mapolres.
Kegiatan diisi dengan konvoi tertib lalu lintas, yang diikuti oleh ratusan anggota klub, dari 12 klub komunitas motor maupun mobil. Para anggota komunitas start dari halaman Polres, kemudian mengelilingi kota Barabai dengan atribut lengkap berkendara. Sebelumnya, anggota RCO juga mengikuti Safety Riding, yang dipandu Kasatlantas AKP Abdul Rahman.
Mereka juga menandatangani ikrar bersama Kasatlantas, sebagai pelopor budaya tertib berlalu lintas di HST. Dalam ikrar itu, para anggota klub menyatakan berperan aktif menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban lalu lintas. Juga menjadi pelopor dalam disiplin, beretika, sopan , santun,, saling menghargai dan saling toleransi saat di jalan raya.
Selanjutnya, para anggota klub berikrar peduli terhadap keamanan dan keselamatan demi kelancaran berlalu lintas. Kasatlantas AKP Abdul Rahman berharap, ikrar sebagai dukungan terhadap Satlantas dalam rangka penegakkan disiplin tersebut direalisasikan dengan cara memberi teladan terhadap pengendara lain saat di jalan raya.
“Kita harapkan juga peran aktifnya dalam menyosialisasikan budaya tertib lalu lintas untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya, yang cenderung meningkat pada 2012 ini,”kata Abdul rahman.           
Dijelaskan, kecelakaan lalu lintas di jalan raya wilayah Hulu Sungai Tengah, pada 2012 cenderung meningkat, kebanyakan karena kelalaian atau faktor manusia. Selain itu,  kondisi jalan berlobang, bergelombang serta belum dilengkapi marka jalan.
Sementara itu, Kabagops Kompol Sarjaini, kepada para anggota klub berharap sebagai mitra Satlantas, RCO mendukung setiap program Polres HST dalam rangka menciptakan tertib dan sopan berlalu lintas. “Para pelopor budaya tertib ini juga akan dilibatkan di setiap kegiatan Satlantas Polres HST,” katanya. (adv/humashst)