Mahlian SAP MA
Tanjung — Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinsosbudpar) telah merealisasikan dana bantuan terhadap 13 orang kepala keluarga yang mendapat musibah bencana kebakaran, periode Januari sampai dengan November 2013. Total dana yang diberikan mencapai ratusan juta rupiah.
Hal itu dijelaskan Kasi Perintis Kemerdekaan Perlindungan dan HAM Dinsosbudpar Kabupaten Tabalong, Mahlian SAP MA, Jumat (11/1) tadi. Menurutnya, sebagaimana tugas dan fungsi Dinsosbudpar, pihaknya senantiasa melakukan tugas dalam penyaluran bantuan sosial terhadap masyarakat yang mengalami musibah bencana. Bagi korban kebakaran yang menderita kehilangan rumah tempat tinggal pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp 8 juta.
Bencana yang biasa dialami masyarakat Tabalong adalah kebakaran, tenggelam, banjir, tanah longsor dan sekarang ini juga ada korban angin ribut maupun angin puting beliung. Semua itu menjadi kewajiban bagi Dinsosbudpar memberikan bantuan jika terjadi bencana.
Namun ada kriteria korban bencana yang bisa mendapatkan bantuan sosial. Misalnya korban banjir, ada kriterianya seperti lamanya genangan dan kedalaman air.
Mahlian menambahkan dana bantuan sosial bersumber dari APBN, APBD propinsi dan APBD kabupaten. APBD propinsi biasanya bantuannya berupa keperluan sembako, sedangkan APBD kabupaten biasanya untuk bantuan bahan bangunan rumah (BBR). (Metro7/Via)