Paringin — Tahun ini, 132 orang calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Balangan akan diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah pada tanggal 30 September 2013. Pemerintah daerah setempat menyiapkan empat unit bus untuk mengantar CJH ke Asrama Haji Banjarbaru.
Informasi ini disampaikan langsung oleh Bupati Balangan Ir H Sefek Effendie ME saat pembukaan manasik haji di Garuda Muharam, baru-baru tadi. Selain berangkat menggunakan bus, dua unit ambulan dari Dinas Kesehatan juga siap melakukan pengawalan. ”Didalamnya juga ada tim untuk memeriksa kesehatan jemaah sampai asrama,” kata Sefek.
CJH Kabupaten Balangan masuk dalam kloter 9, bersama CJH Kabupaten Banjar dan Batola.
Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan, Drs H Wahid  Noor Fajeri, mengatakan jumlah jemaah haji Kabupaten Balangan lebih sedikit dari tahun sebelumnya akibat kebijakan pengurangan kouta yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi. Tahun lalu Kabupaten Balangan memberangkatkan 142 orang jemaah haji.
Wahid berharap CJH bisa beribadah sebaik mungkin sehingga harapan mereka dan keluarganya masing-masing untuk bisa menjadi haji yang mabrur bisa terlaksana. Untuk itu pihaknya meminta kepada para JCH agar semua ritual ibadah haji dilaksanakan sebaik mungkin. ”Kita berharap semua jemaah haji menjadi haji mabrur,” ungkapnya.
Dijelaskannya, tanggal 30 September 2013 CJH Balangan masuk Asrama Haji Banjarbaru. Selanjutnya, tanggal 1 Oktober 2013 sekitar pukul 15.00 Wita berangkat menuju Jeddah melalui embarkasi Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin. (Metro7/Sri)