PARINGIN, metro7.co.id – Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten Balangan lakukan pelatihan sertifikasi magang dan penempatan kerja, yang mana kegiatan tersebut diikuti oleh 1600 peserta dengan usia produktif.

Pelatihan tersebut diresmikan oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi dengan melakukan apel pelepasan para peserta pelatihan sekaligus penandatanganan perjanjian mitra kerja dengan Pemkab Balangan, Halaman Kantor Bupati Balangan, Jum’at (20/9/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (DKUKMTK), serta perwakilan dari beberapa perusahaan besar seperti PT Adaro Indonesia, PT Candra, PT Kurnia Junjung Perkasa, PT Balangan Coal, PT Demitra Karsa Perdana, dan PT Indra Sejati.

Bupati Balangan, Abdul Hadi menyampaikan dengan adanya Pelatihan Sertifikasi Magang dan Penempatan Kerja diharapkan bisa menekan angka pengangguran serta menaikan perekonomian masyarakat.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Balangan mengucapkan selamat kepada 1600 peserta yang telah berpartisipasi untuk mengikuti pelatihan sertifikasi magang dan penempatan kerja ini. Kami harapkan setelah lulus mengikuti pelatihan tersebut para peserta bisa bekerja sesuai yang diinginkan dan bisa menaikkan perekonomian kalian semua,” papar Abdul Hadi saat sambutan.

Selain itu, dalam sambutannya Plt DKUKMTK Abdurrahman Arrahimi menyampaikan bahwa program pelatihan ini merupakan bagian dari visi dan misi pemerintah Kabupaten Balangan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Pelepasan peserta dengan pesan bahwa mengikuti pelatihan ketenagakerjaan ini adalah investasi jangka panjang yang tidak hanya bermanfaat bagi peserta, tetapi juga bagi kemajuan daerah,” ujarnya.

Program ini merupakan hasil kerja sama antara DKUKMTK dengan berbagai perusahaan besar di Kabupaten Balangan, sebagai wujud komitmen bersama dalam membangun tenaga kerja yang terampil dan siap bersaing di dunia industri. ***