TANJUNG, metro7.co.id – Sebanyak 2.960 vial Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Kabupaten Tabalong, tepatnya di Gedung Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Tabalong, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kamis (28/1/2021). Kedatangan Vaksin ini juga dibarengi dengan alat lainnya, yaitu Alat Suntik, Alkohol Swab, Safety Box Kertas ukuran 5 liter, Alat Pelindung Diri, Apron One dan Buku Petunjuk teknis PD3I Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, dr. H. Taufikurrahman Hamdie, M.Kes mengatakan dalam wawancaranya bersama awak media Metro7, seluruh vaksin dan barang lainnya yang datang pada hari ini, sementara akan disimpan di Cool Room Instalasi Farmasi Kabupaten sebelum vaksinasi.

“Suhu yang kita terima pada dua buah box tadi, satu box itu disuhu 2,6 derajat celcius dan yang satunya 2,8 celcius. Ini sesuai persyaratan vaksin, harus dalam kondisi lantai dingin antara 2 derajat sampai 8 derajat celcius,” ujar Taufik.

Selain itu, Taufik juga menyampaikan, akan segera mendistribusikan vaksin tersebut ke puskesmas dan klinik.

“Kita segera mungkin, karena tadi kita sudah mendapatkan data alokasi per puskesmas. Insya Allah mulai besok dari Gedung Instalasi Farmasi Kabupaten, dengan kendaraan yang sudah memenuhi syarat, dengan suhu 2 sampai 8 derajat celcius tadi, sehingga menjamin keamanan dan keefektifitas vaksin sampai ke tujuan,” bebernya.

Selanjutnya, pihaknya juga akan menyebarkan vaksin ke 18 puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Tabalong tanpa pengawalan besok, Jumat (29/1/2021). Ia juga menambahkan bahwa pada, Senin (1/2/2021) pihaknya akan mencanangkan vaksinasi secara umum di Kabupaten Tabalong.

“Hari Senin kita akan melakukan pencanangan untuk vaksin secara umum, sehingga kita harapkan dalam beberapa hari ini distribusi sudah sampai ke seluruh lokasi,” tambahnya.****