PARINGIN – Keinginan masyarakat kecamatan tebing tinggi untuk menikmati air bersih dari PDAM balangan sudah tercapai dan saat ini dengan memiliki kafasitas instalasi pengolahan air bersih ( IPA ) sebesar 20 liter perdetik.diperkirakan akan mampu melayani maksimal 1600 pelanggan baru kelas rumah tangga.
Kebutuhan air bersih diperusahaan daerah air minum ( PDAM ) balangan terus meningkat setiap tahunnya,seiring jumlah penduduk yang juga bertambah, bahkan suplai air bersih sudah bisa di nikmati warga yang berada di daerah terpencil.
Disamping itu Derektor PDAM Balangan Abdulah Musa,mengatakan sekarang ini PDAM Kabupaten Balangan memiliki 8 instalasi ibu kota kecamatan (IKK), yaitu BNA Paringin, IKK Halong, IKK Juai, IKK Awayan, IKK Batumandi, IKK Lampihong, IKK Paringin Selatan dan IKK Tebing Tinggi.
Dijelaskannya saat ini PDAM Balangan pasang target tahun 2015 penambahan pelanggan capai 1000 pelanggan dengan kapasitas meter sebalangan sudah mencapai 440 liter/ detik.
Sementara itu pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan perbankkan yakni Bank kalsel, kantor pos.Selain itu,PDAM Balangan miliki beberapa keunggulan dari sistem online terpadu untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, yakni sitem Billing,sistem komunikasi pelanggan, sistem baca meter, sistem akuntansi.
Adapun upaya yang dilakukan PDAM untuk mengatasi kemacetan mengalirnya air bersih ketika lampu mati yakni dengan mengunakan jasa gengsit yang bisa beroperasional selama 4 jam supaya bisa mengalirkan air kepada masyarakat, meskipun cman beberapa jam setidaknya bisa membantu masyarakat mengatasi permasalah air minum ketika lampu listrik di padamkan. (metro7/sri)