TANJUNG, metro7.co.id – Sebanyak 393 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih se Kabupaten Tabalong resmi dilantik, Selasa (24/1), di Gedung Saraba Kawa Tanjung.

Prosesi pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah/janji oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabalong, Ardiansyah.

Ardiyansyah mengatakan, ke 393 anggota KPPS yang dilantik ini adalah mereka yang memenuhi persyaratan dan telah lulus menjalani seleksi sebelumnya dan dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai anggota PPS pada pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.

“Dari 393 anggota PPS yang dinyatakan lulus seleksi tersebut telah diumumkan ke publik di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

“Dari sekian banyak yang mendaftarkan diri sebagai anggota PPS mereka yang dinyatakan lulus dengan peringkat 1, 2 dan peringkat 3 ditetapkan sebagai anggota PPS terpilih, sedangkan peringkat 4, 5 dan peringkat 6 ditetapkan sebagai calon pengganti antar waktu,” tambahnya.

Ke 393 anggota PPS ini ditugaskan di 12 Kecamatan tersebar di 131 desa dan 10 kelurahan yang masing-masing desa/kelurahan 3 orang sesuai asal desa dan kelurahan tempat tinggalnya.

“Usai pelantikan ini mereka akan diberikan bimbingan teknis (bimtek) dan selanjutnya nanti mereka akan melaksanakan tugas secara langsung,” jelasnya.

“Yaitu pengumuman pembentukan panitia pemutakhiran data pemilih pada tanggal 26 Januari 2023 yang akan datang di desa dan kelurahan masing-masing, disamping itu mereka akan melakukan pengawasan terhadap Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang melakukan pencocokan dan penelitian (coklit),” bebernya.

Sementara, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menyampaikan, tiga hal yang bisa diterapkan oleh anggota PPS, yaitu yang pertama hadirnya pemilihan umum yang jujur, adil, demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia.

“Kemudian yang ke dua tidak ada kecurangan, dan yang ke tiga PPS harus berkontribusi atas terpilihnya wakil terbaik masyarakat,” katanya.

Menurutnya, dengan tiga hal tersebut kita yakin pelaksanaan pemilu di Kabupaten Tabalong akan berjalan lancar, lebih-lebih Tabalong telah memiliki pengalaman dalam menjalankan pemilu tahun 2020 yang lalu dengan pelaksanaan yang jujur, adil dan demokratis.

“Tugas PPS memang berat namun kita yakin itu semua dapat dilaksanakan dengan baik, terlebih dengan idealis para pemuda yang tinggi, karena mayoritas anggota PPS yang dilantik pada hari ini adalah para pemuda,” pungkasnya.