BANJARBARU, metro7.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Adi Santoso membuka secara resmi Paman Birin Archery Open 3 yang digelar di Lapangan Panahan DESDM Kalsel Club Archery, Jalan Trikora, Banjarbaru, Rabu (21/8) pagi.

Pada event Archery Open 3 yang digelar Dinas ESDM Provinsi Kalsel tersebut, sedikitnya diikuti sebanyak 384 peserta dari 60 klub panahan yang berasal dari 1p6 kabupaten/kota dari empat provinsi.

Dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Adi Santoso, Gubernur Sahbirin sangat bersyukur Archery Open sukses digelar untuk ketiga kalinya. Dirinya berharap event ini menjadi event tahunan yang terus terselenggara untuk menjaring atlet panahan sehingga dapat meraih prestasi.

“Tingginya minat masyarakat dan semakin banyaknya kejuaraan maupun kompetisi panahan menjadi momentum yang harus dapat kita jaga dan tingkatkan lagi secara konsisten,” sampai Gubernur Kalsel sebagaimana sambutan tertulis.

Gubernur Sahbirin Noor ungkapkan, saat ini banyak atlet panahan yang Indonesia berlaga di ajang olahraga tertinggi dunia yaitu olimpiade. Hal baik ini tentu menjadi semangat untuk atlet banua dalam meningkatkan kemampuan demi kemajuan peningkatan prestasi panahan.

Untuk itu, Gubernur Kalsel, berharap, kegiatan ini bisa diselenggarakan secara rutin, sehingga olahraga panahan di Banua semakin populer dan lebih diminati masyarakat.

“Saya berharap sekarang dan kedepan olahraga ini dapat terus menunjukkan eksistensi dari segi pembinaan maupun raihan prestasi, karena saya yakin olahraga panahan memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan,” harap Sahbirin Noor.

Sementara itu, Kadis ESDM Kalsel, Isharwanto dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga panahan dan mendukung program pemerintah dalam meolahragakan masyarakat.

“Ini juga sebagai rangkaian dalam memeriahkan Hari Jadi Ke 74 Kalsel dan HUT Ke-79 RI,” tuturnya.

Selain itu, dirinya juga menambahkan perlombaan ini hasil kolaborasi seluruh stakeholder beserta para pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kalsel dalam membangun bibit atlet olahraga panahan.

“Diharapkan kegiatan ini bisa diselenggarakan setiap tahun, sehingga menghasilkan bakat para pemuda untuk berprestasi dalam kegiatan positif. Sebagai barometer atlet panahan yang ada di Kalsel dan luar Kalsel,” pesannya.

Pada pembukaan Archery Open 3 tampak hadir sejumlah pimpinan SKPD Pemprov Kalsel seperti Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Fatimatuzzahra, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel drh Hj Suparmi, Karo Administrasi Pembangunan Kalsel, perwakilan dari perusahaan sponsor.