TANJUNG,- Program CSR PT.Adaro Indonesia bidang sosial dan budaya yang merupakan pembinaan terhadap desa-desa yang berada dikawasan lingkungan operasional perusahaan telah dimulai tahun 2012, kebijakan PT.Adaro dalam program bina desa telah menetapkan tiga klasifikasi desa binaan ring I,ring II, dan ring III, untuk desa kategori termasuk di wilayah ring I yang langsung bersentuhan dengan kegiatan aktivitas operasional perusahaan telah ditetapkan bantuan dana binaan program CSR sebesar Rp.75 juta / tahun, sedangkan ring II sebesar Rp. 50 juta dan ring III Rp. 25 juta.
 Pemberian bantuan program CSR bina desa berdasarkan proposal yang dibuat masing-masing desa berdasarkan hasil musyawarah desa yang telah diagendakan dikoordinasikan dan disepakati dengan melibatkan camat/aparat kecamatan,kepala desa dan aparat BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi/kelompok kemasyarakatan yang ada didesa, proposal yang disampaikan ke PT.Adaro diharapkan berdasarkan prioritas yang disepakati oleh peserta musyawarah.
 Sistem penyaluran dana melalui rekening kolektif atas nama program CSR desa masing-masing dan 100 % dana bantuan program CSR akan disalurkan ke rekening tersebut, pencairan dari rekening tersebut bertahap sesuai kesepakatan pengawasan oleh masyarakat dan kecamatan bersangkutan serta tim CSR sendiri, rekening tersebut berspesimen minimal 3 orang yang terdiri dari ketua panitia pelaksana kegiatan,bandahara panitia pelaksana kegiatan dan kepala/sekretaris desa.
Dokumen-dokumen pendukung : dokumen hasil musyawarah desa, proposal kegiatan, laporan kemajuan dan penggunaan dana tahap 1 beserta pencairan tahap 2,laporan kegiatan selesai atau kemajuan 100 %.
 Untuk lebih memahami segala prosedur dan ketentuan yang berkaitan dengan penyusunan proposal dan LPJ bina desa PT.Adaro Indonesia menggelar sosialisasi penyusunan dan LPJ bina desa senin (21/4)tadi di gedung Pusat Informasi Tanjung dihadiri seluruh kepala desa/sekretaris desa jalur perusahaan dikabupaten tabalong bertindak sebagai nara sumber sekaligus pemandu kegiatan Superintendent CSR PT.Adaro H.Fajerianoor dan turut hadir mendampinginya perwakilan tim CSR perusahaan mitra kerja di lingkungan job site PT.Adaro.
 H.Pajerianoor secara panjang lebar menguraikan beberapa materi yang berkaitan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang intinya merupakan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar yang perlu tepat sasaran bagi masyarakat dalam program kegiatan bina desa.Metro7/Via