TANJUNG, metro7. co.id – Peringatan Hari UMKM Nasional Tahun 2024 diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong, Senin(19/8) di Aula Pendopo Bersinar Pembataan.

Pada kegiatan ini PT Adaro Indonesia menggelar Spectapreneur .

Dalam sambutannya External Relations Division Head PT Adaro Indonesia, Ronaldo Kurniawan menyampaikan, ucapan selamat hari jadi UMKM 2024 yang pada tahun ini mengambil tema peringatan hari UMKM tahun ini,” UMKM Maju Berkelanjutan Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045″.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa UMKM ini sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Tercatat pada tahun 2023 pelaku usaha UMKM mencapai sekitar 66 juta secara nasional.

Dan kontribusi UMKM mencapai 61 persen dari PDP Indonesia atau setara 9.580 triliun serta menyerap sekitar 117 juta pekerja.

Tentu UMKM ini punya peran penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Dalam pengembangan UMKM ini banyak sekali tantangan yang harus dijawab dan dipersiapkan oleh segenap pelaku usaha UMKM, selain masuk dalam ekosistem digital pelaku UMKM juga dituntut selalu berinovasi dalam menjalankan usahanya dan juga memerlukan sinergi dari berbagai pihak.

“Peringatan hari UMKM Nasional tahun ini sengaja dilaksanakan bersamaan dengan program Adaro Spectapreneur, karena kami rasa punya semangat yang sama dengan mewujudkan UMKM yang maju menuju bangsa yang berdaulat,” katanya.

Dalam kegiatan Adaro Spectapreneur ini yang dirancang di tahun ini nanti akan ada tiga kegiatan, yang pertama lomba inovasi bisnis dan ide bisnis yang bertujuan untuk membudayakan inovasi serta bertuan untuk melahirkan UMKM-UMKM yang baru.

Kemudian kegiatan yang ke dua adalah adanya temu UMKM yang akan dilakukan FGD UMKM untuk merumuskan permasalahan yang dihadapi UMKM, sehingga bisa menentukan strategi pengembangan berikutnya. Serta ketiga bazar UMKM merupakan acara puncak dari Adaro Spectapreneur yang akan mempertemukan dengan banyak stake holder yang juga akan mensukseskan promosi dan pengenalan produk-produk UMKM di Tabalong.

Selama ini jumlah UMKM yang menjadi binaan PT Adaro ada sekitar 334 UMKM, lebih dari separunya ada di Tabalong.

Ronaldo berharap kegiatan acara Adaro Spectapreneur dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku UMKM di Tabalong.

Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah dalam sambutannya mengatakan melalui rangkaian peringatan tahunan hari UMKM Nasional terus menjadi momentum penting untuk mempromosikan strategis UMKM bagi ekonomi daerah.

Dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah, LSM dan sektor swasta sangat penting guna meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan UMKM dimasa depan.

“Kita semua menyadari bahwa UMKM dihadapkan pada berbagai tantangan mulai dari persaingan- persaingan yang semakin ketat, akses permodalan yang terbatas hingga tantangan dalam menghadapi era digital. Namun, dibalik tantangan tersebut terdapat potensi besar yang dapat dimanfaatkan untuk menjadikan UMKM Indonesia semakin maju dan berdaya saing,” katanya. ***