TANJUNG, metro7.co.id – Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani membuka secara resmi kegiatan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII, Senin (13/11), di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Ketua Panitia Pelaksana FASI XII dari LPP-TKA BKPRMI Kabupaten Tabalong, Saifullah melaporkan, FASI ini adalah kegiatan agenda tiga tahunan LPP-TKA BKPRMI, namun di Kabupaten Tabalong agenda tahunan itu dilaksanakan setiap tahun atas bantuan dan kerjasama dengan pihak Pemerintah Daerah.

“Kalau kita melihat FASI pada edisi belakang kita Kabupaten Tabalong selalu mengirim perwakilan kita dalam mengikuti FASI di Tingkat Nasional,” jelasnya.

Peserta dari Kabupaten Tabalong adalah peserta-peserta yang bisa menjadi juara di Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk FASI Ke-XII Tahun 2023 ini terdiri dari 22 Cabang lomba yang terdiri dari 12 cabang lomba putra dan 10 cabang putri yang diikuti oleh 541 peserta, yang terdiri 263 peserta putra dan 278 peserta putri.

Sedangkan untuk peserta tingkat TKA sebanyak 104 peserta, 240 tingkat TPA dan 197 untuk tingkat TQA. “Dengan jumlah peserta seperti ini kami menyadari tentu perlu kerja keras dan kerjasama serta koordinasi bagi semua elemen agar pelaksanaannya bisa terlaksana sebagaimana yang diharapkan,” lapornya.

Sementara, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani mengatakan, tujuan dari FASI adalah untuk mengembangkan bakat dan minat anak-anak, santri dan santri wati TKA, TPA dan sebagainya.

“Walaupun di Tingkat Provinsi tidak dilaksanakan setiap tahun, tetapi sejak saya diberi amanah sebagai Bupati Tabalong saya minta agar FASI ini dilaksanakan setiap tahun dengan maksud agar anak-anak kita termotivasi untuk belajar membaca Al-Qur’an dan untuk mengamalkannya terlebih dari itu mendorong mereka agar bisa meraih berbagai prestasi di bidang seni baca Al-Qur’an,” tutupnya.