Bupati H.Anang Syakhfiani didampingi Wakil Bupati Drs.H.Zony Alfiannoor dan ketua DPRD H.Darwin Awie beserta H.Norhasani Ketua ORARI Lokal Tabalong saat menggelar Telkom Friends
TANJUNG – Salah satu kegiatan yang paling menonjol dalam rangka menyambut peringatan hari jadi ke-49 kabupaten Tabalong adalah Expo 2014 yang dilaksanakan selama satu minggu bertempat di lapangan samping kantor DPRD atau lokasi rencana RTH Tanjung Bersinar Kelurahan Mabuun, expo 2014 kali ini pesertanya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, dimana disamping semua SKPD dan pihak pelaku usaha/perusahaan BUMN, perusahaan swasta, perbankan yang ada di Tabalong dan kabupaten lainnya di Kalimantan Selatan juga ada beberapa pengusaha yang berasal dari luar Kalimantan turut ikut dalam kegiatan expo tahun ini.
Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani pada Rabu siang (26/11) tadi berkesempatan membuka secara resmi kegiatan expo, turut hadir wakil Bupati Tabalong H.Zony Alfianoor, Ketua DPRD H.Darwin Awi beserta beberapa anggota unsur FKPD dan para undangan penting lainnya termasukdari CSR PT.Adaro Indonesia serta kelompok tani.
Dalam sambutannya H.Anang Syakhfiani mengatakan sepanjang sejarah kabupaten Tabalong melaksanakan kegiatan pameran dan expo seperti ini maka kegiatan Tabalong expo tahun 2014 adalah kegiatan Tabalong expo yang terbesar yang pernah dilaksanakan oleh sebab itu Bupati menyatakan sangat menghargai kerja keras yang dilakukan oleh panitia dan inilah yang kehendaki bersama-sama dengan wakil Bupati. “harus ada kemajuan dan tahun depan kita akan melaksanakan Tabalong expo yang lebih baik lagi,” katanya.
Bupati menjelaskan bahwa tahun lalu kegiatan expo hanya diikuti satu kabupaten di luar Kalsel yaitu kabupaten Batung Barat dan tahun ini Alhamdulillah diikuti beberapa kabupaten seperti kabupaten Kolon Progo, Barito Timur dan Barito Utara. Bupati berharap mudah-mudahan di tahun mendatang peserta pameran dari luar daerah lebih banyak lagi, dan SKPD yang akan dilibatkan pun semua SKPD termasuk kecamatan-kecamatan dalam expo Tabalong 2015, keikutsertaan SKPD-SKPD dalam expo merupakan bentuk laporan dan pertanggung jawaban Pemkab kepada masyarakat apa-apa yang telah dikerjakan selama satu tahun.
Sementara itu sebelumnya Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Tabalong H.Birhasani selaku Ketua Panitia Pelaksana Tabalong Expo 2014 melaporkan dalam rangka memperingati dan memeriahkan hari hadi kabupaten Tabalong ke-49 tahun 2014 salah satu kegiatannya adalah pameran Tabalong Expo untuk itu pula kegiatan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Tabalong tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tabalong Nomor : 188.45/442/2014 tanggal 13 Oktober 2014 maksud tujuan dilaksanakan Tabalong Expo antara lain sebagai ajang publikasi bagi SKPD instansi vertikal, perusahaan untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan pembangunan, baik yang sudah dilaksanakan maupun rencana pembangunan kedepan.
 Peserta Tabalong Expo terdiri SKPD lingkup Pemkab tabalong sebanyak 29 stand, SKPD luar Tabalong 4 stand, perusahaan swasta/BUMN 29 stan, organisasi sosial, organisasi profesi wanita PKK, Dekranasda, Rafi, Dewan Adat Dayak, Kremsakt, Dharma Wanita, PMI sebanyak 4 stand, usaha mikro kecil menengah dari dalam dan luar kabupaten tabalong sebanyak 51 stand sehingga jumlah peserta seluruhnya berjumlah 117 stand meningkat 50% dari jumlah peserta tahun 2013.
Kemudian kegiatan pameran expo juga diramaikan oleh para PKL, wahana permainan anak-anak serta panggung hiburan berbagai kesenian daerah atas kerjasama dengan Dinas Sosbudpar, khusus malam terakhir penutupan (1/11) akan ditampilkan hiburan musik bersama artis ibukota Email Quin yang dikenal sebagai artis mama mia Indosiar. Kegiatan Tabalong Expo 2014 terlaksana atas kerjasama panitia dengan pihak PT Putra Rafi Even Organizer Banjarmasin serta NQ Organizer Tabalong.
Semua peserta pameran masing-masing satu stand akan dilakukan penilaian oleh panitia untuk memilih terbaik 1,2, 3, 4 dan terbaik 5 dengan hadiah yang disponsori oleh Bank BPK Kalsel termasuk bank lainnya yang akan turut mendukung.
Selanjutnya dalam kegiatan pembukaan itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong Hj Syarifah Sifa Anang Syakhfiani melakukan pengguntingan pita sebagai tanda resmi dimulainya pameran expo tahun 2014, Bupati beserta unsur FKPD dan ibu-ibu pengurus PKK melakukan peninjauan terhadap stand-stand pameran ada yang menarik dan mengejutkan pada saat berada di stand ORARI Lokal Tanjung, Bupati Tabalong diberikan kesempatan melakukan Telkom Friend berbicara jarak jauh dengan tampil di layar televise yang pertama Bupati menyapa masyarakat di Bukit Tinggi Sumatera, pada kesempatan Telkom Friend melalui pesawat radio orari tersebut Bupati menyampaikan apresiasi atas kebersamaannya kemudian dilanjutkan dengan Sekda Tabalong yang bergabung dari Jawa Barat, Makssar, Timika, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan/pelaihari.
Meurut Ketua Organisasi Kremsakt Tabalong yang juga selaku Ketua ORARI Lokal Tabalong H.Noorhasani dengan adanya kegiatan Telkom Friend Bupati maupun unsur muspida bersama pejabat maupun masyarakat luar maka kegiatan rangkaian hari jadi kabupaten Tabalong yang ke-49 tahun ini bisa diketahui dan didengar oleh masyarakat luar di seluruh Indonesia.
Ia pun menambahkan kreatif dari anggota Kremsakt maupun anggota ORARI cukup banyak dan salah satunya mereka juga mampu merakit atau membuat berupa radio dengan komponen-komponen yang sangat sederhana termasuk juga membuat antena yang bisa memancarkan jarak jauh sehingga kalau pada saat ada terjadi musibah di pelosok-pelosok desa yang jauh tidak bisa berkomunikasi akibat gangguan signal hp. “Maka fasilitas yang kami buat sangat bermanfaat dalam kegiatan rescue bantuan upaya penanggulangan bencana,” pungkas H.Sani panggilan akrabnya. (Metro7/Via)