TANJUNG, metro7.co.id – Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Tabalong, I Made Edo Sourifiet mengapresiasi dua tim sepak bala yang meraih juara di tingkat Kecamatan Muara Uya dan Banua Lawas.

Melihat antusiasme yang begitu tinggi dari masyarakat sekitar, dirinya turut bangga dan mengapresiasi penuh terhadap pihak penyelenggara, penonton para Kepala Desa serta Camat dari dua kecamatan tersebut.

Ia pun mengungkapkan dalam beberapa hari kedepan akan memfasilitasi pertarungan antar juara kecamatan tersebut yang bakal berlangsung di Stadion Pembataan Tanjung.

“Kita pasti bangga bagaimana melihat antusiasme masyarakat disini dengan hadirnya turnamen sepakbola antar desa ini, maka dari itu tidak cukup hanya sampai disini saja, nantinya kami akan fasilitasi juga untuk laga antar juara kecamatan agar euforia ini terus berlanjut,” ungkap Edo Minggu (1/9) sore, saat menghadiri laga final Muara Uya Cup 2024,

Alasan dirinya menyiapkan laga ini dikarenakan tahun ini hanya dua kecamatan tersebut yang menyelenggarakan turnamen sepak bola dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI.

Ia melihat potensi sepak bola dari bibit asli Tabalong itu sendiri dapat dilihat dari turnamen antar desa di setiap Kecamatan yang ada di Tabalong melalui turnamen seperti ini.

“Tahun ini memang hanya dua kecamatan tersebut yang menyelenggarakan makanya kami mengapresiasi penuh atas semua pihak yang terlibat dengan menyiapkan laga ini,” katanya.

Ia pun berharap kepada kecamatan lain agar nantinya di tahun yang mendatang dapat menyelenggarakan turnamen serupa agar bibit atlet sepakbola asli dari Tabalong bisa bermunculan dari desa.

“Tentu harapanya kecamatan lain juga menyediakan turnamen serupa untuk desanya seperti yang dilakukan Muara Uya dan Banua Lawas. Tujuanya jelas kita ingin pemain bola Tabalong itu lahir dan muncul dari desa hasil dari turnamen seperti ini,” harapnya.

Sebagai bentuk nyata apresiasi, ia pun akan menggratiskan biaya pendaftaran terhadap tim juara dari dua kecamatan tersebut untuk ikut dalam event PSSI Tabalong yakni Sarabakawa Cup mendatang.

Diketahui juara dari Kecamatan Muara Uya yakni Desa Muara Uya dan Kecamatan Banua Lawas dari Desa Hariyang. ***