TANJUNG -Kelanjutan program pemerintah dalam penanganan pemukiman kumuh penduduk miskin di wilayah perkotaan yang dulunya dikenal dengan program PNPM-Perkotaan kini berubah menjadi program penanggulangan kemiskinan perkotaan (P2KP), sasarannya pun menjadi lebih luas lagi dengan akan melibatkan unsur masyarakat, Ketua Rt, Lurah dan Kepala Desa.
Baru-baru tadi bertempat di aula Penghulu Rasyid kantor Pemkab Tabalong dilaksanakan pertemuan antar Forum BKM, dalam kegiatan BKM yang dihadiri Sekretaris Bappeda kabupaten Tabalong Zahirsyah Manuar, Kepala Bidang Ekonomi Fisik dan Tata Ruang Subhan, Camat Murung Pudak Akhmat Hamidi, Sekcam Tanjung H.Tajerianoor serta koordinator Forum BKM Yuni dan Koordinator Kota P2KP Syahriawati, peserta forum yang terdiri Ketua BKM se kecamatan Tanjung dan kecamatan Murung Pudak termasuk para PJOK, para konsultan.
Coordinator Kota P2KP Syahriawati meminta kepada semua Ketua BKM untuk sesegeranya melakukan pendataan KK miskin di wilayahnya masing-masing dengan cara pengisian data lewat kuesioner, begitu pula dengan para konsultan dan BKM agar melaksanakan rapat pendataan KK miskin dengan melibatkan semua unsur masyarakat, dalam pendataan harus jelas data kumuh berat dan data kumuh ringan.
Syahriawati menambahkan, selama ini kendala dalam penanganan program P2KP dirasakan antara lain kurangnya dukungan masyarakat dibuktikan tingkat kehadiran masyarakat dalam rapat sangat kurang, terutama masyarakat yang tergolong mampu khususnya di kelurahan, oleh karena itu ia pun meminta pemerintah daerah melalui Bappeda, untuk menghimbau kepada pihak aparat kelurahan dan desa, agar mendukung program P2KP.
Sementara itu Sekretaris Bappeda kabupaten Tabalong Zahirsyah Manuar mengharapkan, agar dalam melakukan kegiatan pendataan KK miskin melalui kuesioner supaya mengacu kepada profil desa/kelurahan yang ada di masing-masing desa dan keluarahan, diakui mantan Kepala Bagian Pemerintahan Desa ini, bahwa banyak kendala yang pernah ia hadapi dalam melakukan pembinaan di desa selama ia bertugas di bagian pemerintahan desa.
Kegiatan Forum BKM dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab yang dipimpin Sekretaris Bappeda kabupaten Tabalong Zahirsyah Manuar. (metro7/via)