PARINGIN – Menghadapi penilaian Adipura 2014-2015, jajaran Pemerintah Kabupaten Balangan mulai melakukan persiapan agar bisa meraih nilai yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga tidak lagi menempati peringkat bawah.
Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) setempat Karim Suadi mengakui, perjalanan untuk meraih Adipura bagi Balangan memang masih jauh, karena masih banyak hal-hal yang harus dibenahi.
“Untuk meraih Adipura memang masih berat, untuk itu dalam penilaian Adipura kali ini kita cuma menargetkan dapat meraih nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya, agar tidak lagi berada di posisi yang paling bawah,” ujarnya.
Diungkapkannya, meskipun dalam beberapa tahun terakhir Balangan mengalami kenaikan dalam penilaian Adipura, namun dirasa masih belum cukup lantaran Bumi Sanggam masih berada pada posisi bawah di antara kabupaten kota lainnya di Kalsel.
Berangkat dari sana kata dia, langkah-langkah dalam menghadapi penilaian Adipura kata Karim sudah mulai dilakukan, seperti melaksanakan rapat koordinasi untuk mengevaluasi hal-hal apa saja yang menjadi kendala utama gagalnya Balangan meraih penilaian yang tinggi.
Selama ini kata Karim, ada beberapa hal yang masih menjadi kendala dalam upaya meraih nilai lebih baik dalam penilaian Adipura, termasuk di antaranya terkait Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batu Merah yang masih belum bisa mengolah dan memilah antara sampah organik dan non-organik.
“Sedikit demi sedikit pembenahan akan kita lakukan, bukan hanya membenahi TPA tapi juga indikator lainnya. Sehingga ke depannya bukan tidak mungkin Adipura bisa kita raih,” ucapnya optimis. (metro7/sri)