Paringin — Pemerintah Kabupaten Balangan kini memiliki empat unit traktor pemotong padi. Penggunaan teknologi canggih ini diresmikan oleh Bupati Sefek Effendie pada panen raya di Desa Teluk Karya, Kamis (5/9) tadi.
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Perikanan dan Peternakan (PTPHPP) Kabupaten Balangan, Tuhalus, mengatakan traktor pemotong padi itu sudah siap digunakan oleh para petani. “Traktor pemotong padi yang sudah siap untuk difungsikan dan digunakan oleh masyarakat Balangan yang sudah memiliki kelompok tani di wilayah masing-masing, yang  mana satu kelompoknya berjumlah 25 orang,” katanya..
Dalam panen raya ini Sefek diminta untuk melakukan pemotongan pertama menggunakan alat pemotong padi yang sudah siap digunakan di tengah areal sawah warga.
”Dengan adanya alat pemotong padi ini diharapkan warga Balangan, khususnya kelompok tani, bisa lebih giat lagi melakukan aktivitasnya dalam mengelola lahan pertanian dan mendapatkan kemudahan untuk melakukan pemotongan padi dengan cara praktis dan hasilnya pun lebih memuaskan,” katanya.
Sementara itu, salah seorang warga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Balangan karena telah meminjamkan  sarana pertanian dan memberikan bimbingan kepada masyarakat. Bimbingan yang dilakukan diantaranya pemilihan bibit, penanaman padi yang baik, memberantas hama penyakit sampai melakukan panen raya.
Berdasarkan data Dinas PTPHPP, masih ada  1700 hektar  padi yang belum dipanen. Yakni di Kecamatan Batu Mandi dan Lapihong. (Metro7/Sri)