METRO7. CO. ID, Paringin – Program pelayanan kesehatan gratis yang dijalankan Pemkab Balangan bagi warganya, ditujukan untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Balangan tanpa terkecuali.

Untuk menjalankan program tersebut, Pemkab Balangan menyiapkan Rp24 Milyar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala Bidang Pelayanan dan SDK Muhammad Noor menyampaikan, jika telah menyiapkan dana 24 milyar dari APBD yang akan digelontorkan untuk pembiayaan JKN-KIS bagi warganya.

“Ini semua merupakan instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan, bahwa para Bupati untuk mengalokasikan anggaran dalam rangka pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional,” terangnya.

Karena jelasnya, dalam peraturan presiden nomor 111 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 12 tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan pasal 6 kepesertaan jaminan kesehatan bersifat wajib dan mencakup seluruh penduduk Indonesia.

“Jadi apa yang telah diupayakan oleh pemerintah Kabupaten Balangan, ini merupakan suatu keharusan dan kewajiban untuk mendaftarkan warganya dalam Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai dukungan terhadap program pemerintah pusat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabupaten Balangan merupakan kabupaten pertama di Provinsi Kalimantan Selatan yang mendaftarkan seluruh warganya ke program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), pada Desember 2017 lalu.

Sebelumnya, Bupati Balangan menyampaikan, didistribusikannya kartu Indonesia sehat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Balangan pada tahun 2018 ini merupakan realisasi janji dirinya untuk menciptakan masyarakat yang sehat di Kabupaten Balangan.

Oleh karena itu, kata Bupati, kepada masyarakat Balangan jangan takut untuk berobat ke puskesmas maupun ke rumah sakit ataupun ke rumah sakit manapun karena semua gratis asalkan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh BPJS.

Sementara menurut kepala BPJS Kabupaten Balangan Yuliarsih Sahar, untuk Kecamatan Halong dibagikan kartu Indonesia sehat sebanyak 13841 jiwa dia berharap kartu ini disimpan dengan baik jangan sampai hilang serta lakukan pengobatan lebih awal di Puskesmas yang terdekat. (Metro7)