PARINGIN – Ribuan masyarakat Balangan memadati Masjid Al Akbar guna melaksanakan Salat Id hari raya Idul Adha 1438 Hijriah, Jumat (1/9/2017).
Masjid terbesar se Bumi Sanggam yang berada di pinggir jalan A Yani Km 3 Paringin ini selain menjadi Masjid kebanggaan masyarakat dan ikon Banua Sanggam tersebut memang juga sering dijadikan pusat kegiatan Islam di Kabupaten Balangan.
Pelaksanaan Salat Idul Adha yang dimulai pada pukul 08.20 wita ini, selain diikuti ribuan masyarakat Balangan juga turut dihadiri oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, para habaib, alim ulama serta para pejabat dilingkup Pemkab Balangan.
Sebelum Salat Id digelar, Bupati Balangan menyampaikan kata sambutannya yang berisi pesan momentum Idul Adha diantaranya, perayaan hari raya ini merupakan waktu yang tepat untuk kembali mengingat bagaimana pengorbanan Nabi Ibrahim untuk keikhlasannya dalam mengorbankan anaknya Nabi Ismail mematuhi perintah Allah SWT.
Bupati Balangan mengajak masyarakat agar kejadian tersebut menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk mengajarkan ketulusan, kekompakan dan pengorbanan untuk bersama sama membangun Balangan.
“Keiklasan berkorban harus dijadikan momentum dalam setiap perbuatan termasuk dalam memposisikan diri kita, dalam upaya ikut serta membangun daerah guna mewujudkan masyarakat dan banua kita yang sejahtera,’’sampaikannya.
Dalam pelaksanaan Salat Idul Adha tahun ini sendiri, bertindak sebagai sebagai khatib adalah Ustad syarifudin Asfiah dan Imam KH. Syarifudin, serta Muadzin Muhammad Mustafa.
Dalam khutbahnya, Ustad Syarifudin Asfiah, memaparkan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Syarifudin berpesan sudah selayaknya manusia lebih mencintai Allah SWT ketimbang harta benda karena cinta kepada Allah SWT di atas segalanya.
“Hal itu terlihat dalam peristiwa Nabi Iberahim dan nabi Ismail,” kata dia. (metro7/sugi)