PARINGIN – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) April 2020 sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga (KK) penerima sudah dicairkan Pemerintah Kabupaten Balangan.

Secara simbolis, Bupati Balangan H Ansharuddin menyerahkan BLT-DD tersebut kepada salah satu penerima di Desa Kasai, Kecamatan Batumandi.

“Belilah beras dan kebutuhan pokok lainnya untuk sebulan ke depan. Jangan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak penting,” ujar Ansharuddin, Jumat (8/5/2020).

Sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Balangan, Ansharuddin berkesempatan langsung menyerahkan BLT-DD untuk seluruh penerima di Kabupaten Balangan.

Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) tersebut, lanjut Ansharuddin, bersumber dari dana desa yang telah cair di beberapa desa. Seluruh keluarga prasejahtera yang terdampak pendemi Covid-19 akan menerima bantuan tersebut selama 3 bulan.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi tumpang tindih penerima BLT tersebut, Pemkab Balangan memasangkan stiker di depan rumahnya.

“Pengalihan anggaran dana desa tahun ini sebagian dialihkan untuk penanganan Covid-19, bentuknya harus bantuan langsung tunai, namun saya tetap mengimbau agar dipergunakan sebijak-bijaknya,” ucapnya.

Terpantau, penyaluran dilakukan dengan cara door to door untuk menghindari kerumunan warga serta mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (metro7/wrt)