TANJUNG – Setelah melalui proses cukup panjang, Bandara Warukin di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong yang kini sudah berstatus bandara umum pada Selasa (24/11/2015) melakukan fist flight (penerbangan perdana) dengan menggunakan pesawat Kalstar ATR 40 dengan rute Tanjung (Kalsel) – Balikpapan (Kaltim).
Informasi didapat, rute dari Bandara Sepinggan Balikpapan – Tabalong pada pukul 10.20 Wita, dan rute Tabalong – Balikpapan dimulai pukul 10.30 Wita. Untuk jadwal penerbangan yaitu pada tiap Selasa, Kamis dan Sabtu.
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Senin (23/11) mengatakan informasi dari pihak Kalstar, untuk rute Banjarmasin – Tanjung atau Tanjung – Banjarmasin masih belum bisa dilakukan karena pesawat sedang overhaul (perbaikan besar) akibat dipaksakan terbang saat musim kabut lalu.
“Jadi besok (Selasa) saat penerbangan perdana ke Balikpapan akan kita adakan syukuran di Warukin. Dan peresmian nya akan kita lakukan usai pesawatnya selesai overhaul atau saat dimulai penerbangan Tanjung – Banjarmasin,” katanya.
Terpisah Manager area Timur Kalstar Aviation, Noveri mengatakan semua rencana penerbangan sudah beres, seperti sudah adanya tim operasional dari Jakarta. Infonya lagi, harga tiket Tanjung – Balikpapan Rp 500 ribuan, dengan waktu perjalanan sekitar 35 menit.
Diketahui, Bandara Warukin kini masih berkelas 3 satker, dan jenis pesawat terbesar adalah F22. Adapun fasilitas sisi udara landasan yang meliputi dimensi 1.300 m x 30 m, dan kapasitas apron 100 orang. Untuk fasilitas sisi darat yang dimiliki 1 buah dan pasilitas kargo 1 buah.
Bandara satu-satunya di Banua Enam ini kini sudah persiapan perbaikan fasilitas bandar udara baik sisi udara maupun darat dimulai pada 2015 ini.
Dengan resminya Bandara Warukin didaulah menjadi Bandara umum alias bukan lagi Bandara khusus, maka bupati Anang pun turut berharap Tabalong akan menjadi kota metropolis dan pintu gerbangnya Kalsel. Lebih dari itu dikatakannya “Jika hal itu terwujud Insya Allah makin banyak lagi investor yang akan mengembangkan usahanya di daerah kita ini, sehingga membuka lapangan kerja bagi putera puteri Tabalong,” ucap bupati Anang dibeberapa furum terbuka.
Pemkab Tabalong pun sudah mengupayakan beberapa syarat administrasi pemenuhan dari Bandara khusus ke Bandara umum. Hasilnya semua syarat sertifikasi kelayakan Bandara Warukin yang disyaratkan oleh Kementerian Perhubungan RI pun sudah dipenuhi. Diantaranya sudah mendapat uji verifikasi dari Tim Dirjen Perhubungan Darat maupun Udara terhadap ijin bandara khusus, ijin AEP (Airport Emergency Plan) dan ijin ASP (Airport Safety Plan).
Dan dibawah kepeminpinan bupati Anang, semua proses administrasi baik proses pinjam pakai dari PT Pertamina sekaligus menggait beberapa maskapai penerbangan pun sudah dikantongi Pemkab Tabalong, salah satunya dari maskapai Kalstar yang akan memulia penerbangannya yakni Tanjung – Balikpapan dan Tanjung – Banjarmasin. Metro7/Humas