METRO7.CO.ID, BANJARBARU – Untuk lebih memudahkan para pelaku UMKM dalam mengakses modal dan PNS dalam mendapat pinjaman, Bank Kalsel meluncurkan program kredit multiguna.

Program kredit yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil atau Calon Pegawai Negeri Sipil yang gajinya disalurkan melalui Bank Kalsel baik melalui rekening gaji KPE ataupun melalui Bendaharawan Gaji, untuk berbagai kebutuhan konsumtif dengan agunan pokok berupa gaji, penghasilan yang bersangkutan. Dengan jangka kredit sampai 20 tahun dan batasan umur 75 tahun.

“Salah satu produk andalan kita ini yaitu Kredit Multiguna yang merupakan juga Kredit kepada anggota masyarakat yang berpenghasilan tetap untuk berbagai kebutuhan konsumtif dan pengembangan usaha para profesional,” kata Muhammad Nursi Abadi Bagian Pemasaran Kredit Bank Kalsel Cabang Banjarbaru, saat ditemui di stand Expo Kalsel 2018 Lapangan Murjani Banjarbaru, Senin (3/9/2018)

Selain itu, menurut Nursi, Bank Kalsel juga menyalurkan Produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan sasaran Kelompok Bisnis Micro seperti Usaha Kecil Menengah (UKM), yang mana kredit ini sudah dapat membantu dan mendorong masyarakat dalam memenuhi permodalan kebutuhan konsumtif, juga keperluan hidup sehari-hari seperti biaya sekolah atau kuliah anak, biaya pengobatan, renovasi rumah, pengembangan usaha termasuk untuk biaya untuk pernikahan.

Sedangkan untuk UKM, Bank Kalsel sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas UKM di Kalsel, mensosialisasi salah satu program CSR yang dimiliki Bank Kalsel dengan melibatkan beberapa UKM dengan pemberian edukasi mengenai strategi pemasaran produk dan pengenalan pelaku UKM terhadap perbankan.

Pelaku UKM yang memliki kendala dalam pemasaran produknya, jelas Muhammad Nursi, disampaikan dalam sosialisasi bahwa untuk menembus pasar modern tidak cukup hanya akan rasa yang dimiliki dalam sebuah produk tetapi harus mempunyai kemasan yang baik secara langsung kepada masyarakat pelaku UKM tentang cara mengemas suatu produk agar terlihat menarik dan memiliki daya jual tinggi.

Di-Stand Bank Kalsel, juga memberikan informasi Penukaran Kartu ATM Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), yang sudah beberapa perbankan umum sudah mulai layani penukaran kartu perbankannya dengan kartu GPN.

Dijelaskan, untuk menukarkan kartu BSMnya dengan kartu GPN syaratnya sederhana yaitu hanya buku tabungan asli dan KTP.

Penukaran di kantor kantor cabang yang sudah lumayan banyak nasabah yang menukarkanya, migrasikan kartu magnetic ke kartu berteknologi cip yang lebih terjamin keamanannya, dan kartu ber cip sudah bisa digunakan pada mesin dan fasilitas perbankan berlogo GPN.

Stand Bank Kalsel mendapat antusias dari pengunjung pameran Expo Kalsel 2018 yang rata rata tiap harinya masyarakat berkunjung seratus orang, yang kebanyakan menanyakan produk produk dan penukaran kartu ATM berteknologi cip berlogo GPN, Imbuh Muhammad Nursi. (Metro7/ad)