BANJARBARU, metro7.co.id – Dukungan yang diberikan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menjadikan Kebun Raya Banua terus berinovasi dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian alam.

Kali ini, Kebun Raya Banua menghadirkan wahana edukasi baru bernama Nature of Exhibition Banua Botanical Garden yang diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran bagi masyarakat, khususnya generasi muda, tentang keanekaragaman hayati Kalsel.

Ditandai dengan pemukulan gong okeh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor melalui Asisten Administrasi Umum, Ahmad Bagiawan di Halaman Visitor Kebun Raya Banua Banjarbaru, Rabu (4/9) siang, secara resmi meluncurkan wahana tersebut.

Melalui Nature of Exhibition, pengunjung diajak untuk mengenal lebih dekat berbagai jenis tumbuhan yang ada di Kalimantan Selatan. Selain itu, pameran ini juga menyajikan informasi tentang manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutan tertulis yang dibacakan H Bagiawan menyampaikan kebanggaannya terhadap inisiatif tersebut.

Disampaikan Gubernur Sahbirin Noor, ia menekankan pentingnya pameran ini sebagai sarana pendidikan alternatif, terutama bagi anak-anak dari jenjang SD hingga SMA.

“Saya sangat bangga karena Nature Exhibition ini dapat menjadi pilihan baru bagi anak-anak kita sebagai alternatif kegiatan pembelajaran di luar kelas atau outclass. Dengan demikian, anak-anak kita dapat lebih dekat dengan alam dan kita dapat menanamkan rasa cinta terhadap keanekaragaman hayati sejak dini,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur Sahbirin juga menggarisbawahi bahwa pameran ini sejalan dengan komitmen Kalimantan Selatan dalam mendukung Revolusi Hijau.

Melalui acara ini, diharapkan muncul inspirasi dan motivasi bagi masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan alam.

“Ini adalah langkah yang sangat penting dalam mendukung komitmen Revolusi Hijau yang kita galakkan di Kalimantan Selatan,” tambahnya.

Paman Birin berharap, agar Nature Exhibition ini dapat menjadi ikon baru yang membanggakan bagi Kalimantan Selatan dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas.

“Semoga pameran ini dapat menjadi salah satu ikon baru yang membanggakan bagi Kalimantan Selatan dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala UPT Kebun Raya Banua, Adilla Redha Yanti mengungkapkan, rasa syukur atas apresiasi yang diberikan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Kami bangga bahwa Nature of Exhibition ini telah mendapatkan perhatian khusus dari BRIN, Ini membuktikan bahwa upaya kami dalam melestarikan keanekaragaman hayati mendapat dukungan dari berbagai pihak,” ujar Adilla.

Keberhasilan Nature of Exhibition ini juga tidak terlepas dari peran besar Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor.

Program “revolusi hijau” yang digagas beliau sejalan dengan visi Kebun Raya Banua untuk melestarikan alam dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Gubernur Sahbirin adalah inspirator terbesar bagi kami, agar terus berinovasi, berbuat lebih dan selalu menggaungkan pentingnya menjaga keaneka ragaman hayati yang sangat sejalan dengan program beliau yaitu Revolusi Hijau,” ungkap Adilla.

Acara tersebut diakhiri dengan prosesi pemotongan pita sebagai simbol peresmian, dilanjutkan dengan peninjauan lokasi Nature of Exhibition.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Plt Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kalsel Hadi Safitri, sejumlah pimpinan SKPD lingkup Kalsel, pimpinan Bank Kalsel, pimpinan PT Indobara Antang Gunung Meratus, pimpinan PT Pamapersada Nusantara, serta perwakilan pelajar dan tamu undangan lainnya.