TANJUNG – Pemerintah kabupaten Tabalong melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura dengan dukungan dana APBN tahun 2016 ini kembali memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa hand traktor kepada para kelompok tani (Poktan) di beberapa kecamatan, bantuan diberikan sesuai permohonan dari beberapa kelompok tani yang telah mengajukan permohonan.
Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura kabupaten Tabalong Johan Effendi saat ditemui awak koran ini di ruang kerjanya Kamis (23/06) kemarin.
 Ada 96 unit Alsintan Hand Traktor merk Kubota jenis Quick G.3000 yang dibagikan kepada masing-masing poktan yang sudah menyampaikan permohonan. Johan menambahkan satu unit hand traktor harganya sekitar Rp 28 juta belum termasuk perlengkapan penunjang lainnya.
 Pemberian bantuan alsintan kepada poktan-poktan untuk menunjang kegiatan pertanian dimana pemerintah kabupaten Tabalong telah memprogramkan tanam dua kali setahun dan tahun ini telah dimulai dengan target luas lahan 5000 hektar.
 Diharapkannya para petani dapat meningkatkan hasil pertanian baik padi maupun palawija ujar Johan.
Upaya pemerintah kabupaten Tabalong untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dalam rangka menuju ketahanan pangan dan meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat petani di daerah. (metro7/vino)