TANJUNG, metro7.co.id – Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kabupaten Tabalong upayakan pembangunan pabrik saos tomat dan sambel cabai untuk membantu kelompok petani sayur.

Adapun pembangunan pabrik itu dilakukan untuk memanfaatkan sayur tomat dan cabai yang masuk dalam kategori grade C.

“Kami mengupayakan membangun pabrik pengolahan saos tomat dan sambal cabe di belakang Pasar agro bisnis Kembang Kuning,” ujar Kepala DKUKMPP Tabalong, H Syam’ani, kepada metro7, Senin (6/11/2023).

Syam’ani menuturkan, terkait lahan sudah siap dan proposal permohonan tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) Republik Indonesia.

“Jadi proposal permohanannya kami (sudah) sampaikan ke Kementerian Koperasi dan UKM. Nah mudah-mudahan ini bisa di setujui oleh Menkop,” tuturnya.

“Lahannya sudah siap, tinggal persetujuan saja lagi dari Kemenkop UKM,” timpalnya.

Ia mengaku saat menyampaikan proposal pembuatan pabrik itu ke Kemenkop UKM mendapat respon yang positif karena sejauh ini sudah ada kelompok yang memulai pengolahan yang memanfaatkan grade C ini, hanya saja jumlahnya sangat terbatas.

“Untuk memanfaatkan yang grade C ini, itu kita minta di suport dengan pabrik pengolahan saus dan sambal cabai,” ucapnya.

Selanjutnya terkait pengelolaan kedepannya, ia menambahkan yang akan mengelola adalah Koperasi Al Yakin, karena sesuai dengan ketentuan Kemenkop itu pengelolanya harus koperasi.

“Jadi kita sudah tunjuk koperasi Al Yakin yang selama ini mengelola Pokta,” tambah Syam’ani. ***