BARABAI, metro7.co.id – Dalam rangka implementasi Program Pencegahan Korupsi melalui Monitoring Centre of Prevention (MCP).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Inspektorat menggelar Sosialisasi Pencegahan Korupsi, di Hotel Grand Qin Banjarbaru, Sabtu (28/9) pagi.

Acara ini ditujukan bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), pegiat media massa, media sosial, pengusaha, advokat, dan kelompok masyarakat.

Inspektur Inspektorat HST, Ainur Rafiq menekankan pentingnya peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai upaya preventif dalam pencegahan korupsi.

“Nah, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang definisi, jenis-jenis perilaku dan langkah-langkah pencegaha korupsi,” jelasnya.

Ainur mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya peran mereka dalam pengawasan.

“Demi terciptanya lingkungan yang lebih transparan dan akuntabel,” katanya.

Sementara, Pjs Bupati HST, Faried Fakhmansyah melalui Sekda HST, Muhammad Yani menyampaikan, sosialisasi ini merupakan bentuk konkret keseriusan Pemkab HST membangun sistem pencegahan korupsi.

“Kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam melaporkan dugaan korupsi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kolaborasi dalam pencegahan korupsi. Melalui sinergi ini, diharapkan tercipta lingkungan yang lebih transparan dan akuntabel,” bebernya.

Ia berharap, hal ini dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan budaya anti-korupsi di HST dengan dukungan semua pihak.

“Semoga langkah-langkah pencegahan korupsi dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” tutupnya